Taliban Tuding AS Halangi Pengakuan Internasional untuk Afghanistan

Kabul, MINA – menuding Amerika Serikat () menghalang-halangi jalan mereka untuk memperoleh pengakuan internasional atas pemerintahannya saat ini di .

Taliban mengklaim, mereka telah memiliki semua syarat untuk menjadi sebuah negara yang berdaulat sehingga layak diakui pemerintahannya oleh dunia internasional. Al-Jazeera melaporkan, Senin (20/6).

“Sejauh menyangkut pengakuan oleh negara-negara asing, saya pikir AS adalah hambatan terbesar,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid.

Menurut Mujahid, Washington sampai sekarang masih menolak mengambil langkah apa pun terkait isu pengakuan terhadap Taliban dan Afghanistan.

Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan dua pekan sebelum Amerika Serikat menyelesaikan penarikan pasukan usai perang selama dua dekade.

Taliban adalah sebuah kelompok militan yang menguasai Afghanistan pada akhir 1990-an. Invasi AS ke Afghanistan pada 2001 menggulingkan pemerintahan yang sah, hingga Agustus 2021, saat mereka bisa kembali lagi menguasai Afghanistan. (R/P2/P1)

Baca Juga:  [POPULAR MINA] Serangan ke Rafah dan Aksi Muhammadiyah

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.