Perusahaan AS Temukan Teknologi Penerjemahan Digital untuk Haji

Florida, 9 Dzulhijjah 1437/11 September 2016 (MINA) – Divine Connect LLC sebuah perusahaan berbasis di Amerika Serikat telah menemukan sebuah perangkat baru untuk penerjemahan digital, yang dapat menerjemahkan khutbah dalam bahasa Arab untuk diterjemahkan secara langsung (real-time) ke dalam tujuh bahasa yang berbeda.

Teknologi ini akan menguntungkan lebih dari 70 persen pendengar non-Arab pada ziarah haji tahunan mereka ke Makkah, ataupun saat umrah.

Kantor Berita Islam MINA dari sumber Trade Arabia menyebutkan, dengan alat teknologi ukuran telepon genggam tersebut, jamaah haji atau umrah dapat menyetelnya dan secara otomatis akan muncul suara terjemahan dalam tujuh pilihan bahasa.

Pengguna tinggal memilih channel bahasa antara lain: bahasa Inggris, Perancis, Turki, Indonesia, Urdu (Hindustan/India), Persia (Iran) dan Hausa (Afrika).

Mohamed Sal Pazhoor, Kepala Kantor Teknologi Divine Connect mengatakan, sebuah tim desainer produk dan insinyur telah bekerja selama tiga tahun terakhir untuk menciptakan teknologi tersebut.

“Tim selanjutnya juga bekerja dengan menargetkan layanan dalam 35 bahasa yang berbeda,” ujar Sal Pazhoor.

Ia menambahkan, beberapa tes teknologi sudah dilakukan dan hasilnya sangat memuaskan.

“Ini adalah terobosan bersejarah dan kami akan tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi 20 juta peziarah yang mengunjungi Makkah setiap tahunnya,” lanjutnya.

Perangkat baru tersedia dalam dua warna, emas dan perak, serta akan dijual dalam waktu dekat ini secara online dan melalui distributor ritel di seluruh dunia. (T/P4/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

l

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf