UEA Inisiasi Kampanye Bantuan Kemanusiaan “Tarahum untuk Gaza” 

UEA mengirimkan 100 ton makanan dan pasokan medis untuk mendukung warga Palestina di Gaza sebagai bagian dari kampanye kemanusiaan 'Tarahum untuk Gaza'.(Foto: WAM)

Abu Dhabi, – Sebagai kelanjutan dari upaya kampanye bantuan kemanusiaan “Tarahum untuk ” yang diinisiasi Uni Emirat Arab (), sebuah pesawat yang membawa 100 ton makanan, obat-obatan, dan pasokan bantuan tiba di kota El-Arish, Republik Arab Mesir, Sabtu (119/11), sebagai persiapan memasuki melalui Penyeberangan Perbatasan Rafah, berkoordinasi dengan Program Pangan Dunia .

Pengiriman tersebut merupakan bagian dari upaya kemanusiaan berkelanjutan UEA bertujuan menyediakan makanan penting, obat-obatan, pasokan kesehatan, dan produk sanitasi bagi mereka yang terkena dampak di Jalur Gaza, khususnya perempuan, anak-anak, dan orang lanjut usia.

“Pengiriman pesawat yang membawa bantuan kemanusiaan adalah bagian dari upaya UEA untuk meringankan kondisi kemanusiaan saat ini di Gaza dan mendukung upaya negara yang tak tergoyahkan sejak awal krisis untuk mengirimkan makanan dan pasokan medis yang mendesak bagi penduduk yang terkena dampak di Gaza,” kata Sultan Al Shamsi, Asisten Menteri Urusan Pembangunan dan Organisasi Internasional UEA, dilaporkan WAM.

Al Shamsi menambahkan, kampanye kemanusiaan “Tarahum untuk Gaza”, yang diluncurkan bulan lalu dengan partisipasi signifikan dari semua lapisan , organisasi kemanusiaan, dan para sukarelawan, memperkuat upaya UEA untuk memberikan bantuan kepada warga , yang mencerminkan nilai-nilai yang mengakar dalam memberi dan solidaritas kemanusiaan di negara tersebut.

Baca Juga:  Syahidnya Abu Al-Foul di Tulkarem Menambah Semangat para Pejuang

“Kampanye “Tarahum untuk Gaza” terus berlanjut sebagai bagian dari upaya berkelanjutan UEA untuk memberikan bantuan guna membantu rakyat Palestina,” ujarnya.

Program kampanye kamanusian ini dimulai dengan kegiatan pada Kamis (9/11) di Emirates Hospitality Centre di Ajman. Lalu akan berlanjut pada Ahad ini (12/11), di Terminal Kapal Pesiar Abu Dhabi bagian dari Abu Dhabi Ports Group, di bawah pengawasan Otoritas Bulan Sabit Merah Emirat. Acara akan berlangsung dari jam 9 pagi sampai jam 2 siang.

Acara kampanye kemanusiaan ini diselenggarakan untuk menjaga momentum yang kuat dan partisipasi yang signifikan dari semua lapisan masyarakat yang ingin berkontribusi pada upaya kemanusiaan UEA untuk membantu mereka yang terkena dampak di Jalur Gaza.

Keterlibatan masyarakat menggambarkan nilai-nilai kerja sama dan solidaritas kemanusiaan yang mengakar dan merupakan pilar fundamental masyarakat UEA.

Kampanye ini diawasi oleh Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Otoritas Bulan Sabit Merah Emirat dan Program Pangan Dunia, berkoordinasi dengan Kementerian Pembangunan Masyarakat, dengan partisipasi 20 organisasi bantuan dan kemanusiaan.

“Tarahum untuk Gaza” diluncurkan untuk memitigasi parahnya krisis kemanusiaan Palestina yang menimpa kelompok paling rentan, terutama anak-anak dan perempuan.

Baca Juga:  PBB: Terjadi 800 Serangan oleh Pemukim Israel di Tepi Barat Sejak 7 Oktober

Delapan pesawat dikirim membawa lebih dari 200 ton makanan, obat-obatan dan pasokan bantuan yang dikumpulkan sebagai bagian dari kampanye Tarahum untuk Gaza. Operasi pendistribusian bantuan di Jalur Gaza dimulai bekerja sama dengan Program Pangan Dunia.

Pembangunan Rumah Sakit Lapangan

Khususnya, kampanye ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan UEA untuk mendukung warga Palestina di Gaza. Presiden UEA Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, mengarahkan peluncuran operasi “Gallant Knight 3”, yang mencakup pembangunan rumah sakit lapangan terintegrasi di Jalur Gaza.

Presiden UEA juga mengarahkan penyediaan perawatan medis di rumah sakit UEA untuk 1.000 anak-anak Palestina, didampingi oleh keluarga mereka, guna memberi mereka perawatan medis dan kesehatan yang diperlukan dan memastikan pemulihan mereka sebelum mereka kembali dengan selamat.

Jumlah total pesawat yang membawa perbekalan dan peralatan untuk mendukung pembangunan rumah sakit lapangan di Jalur Gaza, yang dikirim UEA sebagai bagian dari operasi kemanusiaan Gallant Knight 3 menjadi 16.

Kargo pesawat-pesawat ini akan dibongkar di kota El Arish, Mesir, di mana semua peralatan, perbekalan, dan persyaratan yang diperlukan untuk instalasi dan pengoperasian rumah sakit lapangan UEA akan dikumpulkan.

UEA telah meluncurkan jembatan udara selama dua hari terakhir untuk mengangkut peralatan rumah sakit sebagai bagian dari operasi kemanusiaan Gallant Knight 3 UEA sejalan dengan upaya negara tersebut untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina dan mendukung sistem kesehatan di Jalur Gaza, yang sedang menghadapi keadaan luar biasa dan kritis.

Baca Juga:  Sejarah Hardiknas, Mengenang Bapak Pendidikan Indonesia 

Lembaga-lembaga kemanusiaan dan amal yang terakreditasi di negara ini terus menerima sumbangan di pusat-pusat mereka dan melalui situs web mereka. Mereka yang ingin menjadi sukarelawan atau berdonasi dapat mengetahui lebih lanjut di halaman media sosial dan situs web asosiasi amal dan kemanusiaan.

Apresiasi Pemerintah Palestina

Ali Younis, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Negara Palestina untuk UEA, memuji upaya negara tersebut dalam mendukung rakyat Palestina, memuji arahan Presiden UEA atas peluncuran operasi kemanusiaan ‘Gallant Knight 3’.

Younis mengapresiasi inisiatif UEA untuk mendirikan rumah sakit lapangan yang komprehensif di Jalur Gaza untuk merawat mereka yang terkena dampak perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, dan menyoroti pentingnya inisiatif ini mengingat kondisi yang dihadapi sektor kesehatan di Gaza.

Sementara itu, Mayor Jenderal Al Ameri menegaskan kembali posisi tegas UEA dalam mendukung saudara-saudara Palestina dan berkontribusi dalam meringankan penderitaan kemanusiaan di Jalur Gaza, dan menekankan bahwa operasi kemanusiaan ‘Gallant Knight 3’ berasal dari pendekatan UEA yang sudah mapan dalam mendukung persaudaraan dan negara-negara sahabat.(T/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.