Uni Eropa Akan Buka Koridor Laut untuk Bantuan Gaza

Warga Jalur Gaza mengantri air bersih yang sangat sulit didapat. (Foto: AA)

Brussel, MINA – (UE) pada Jumat (8/3) mendeklarasikan dimulainya jalur maritim akhir pekan ini untuk mengangkut bantuan kemanusiaan dari Siprus ke , yang diduga bertujuan mencegah kelaparan yang sudah menimbulkan korban jiwa.

“Kami sekarang sudah sangat dekat dengan pembukaan koridor, mudah-mudahan Ahad ini. Dan saya sangat senang melihat operasi percontohan awal akan diluncurkan hari ini,” kata Presiden Komisi UE, Ursula Von der Leyen, kepada wartawan setelah kunjungan ke fasilitas pelabuhan di pelabuhan Larnaca, Siprus, yang berfungsi sebagai titik awal pengiriman bantuan,  Al-Mayadeen melaporkannya.

Pengiriman uji coba dilaporkan diperkirakan akan berangkat pada Sabtu (9/3), menggunakan kapal yang dikelola oleh organisasi pencarian dan penyelamatan Spanyol Open Arms, mengangkut makanan yang dipasok oleh organisasi amal World Central Kitchen.

Baca Juga:  BTM Diyakini Jadi Jembatan Enterpreneur Warga Muhammadiyah

“Hari ini kami menghadapi bencana kemanusiaan di Gaza, dan kami membantu warga sipil yang tidak bersalah di ,” klaim Von der Leyen.

Uni Eropa menduga pengiriman tersebut akan langsung mencapai Gaza, yang terletak 210 mil laut jauhnya. Namun, tidak diberikan rincian mengenai lokasi pendaratan atau pembongkaran secara spesifik serta proses distribusi dari titik pendaratan.

Selain itu, Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan pada Kamis malam (7/3) akan membangun dermaga terapung di lepas pantai Gaza dalam beberapa pekan mendatang untuk “menerima kiriman bantuan” dari Siprus, tetapi itu masih belum jelas.

Von der Leyen tidak merujuk pada rencana AS dalam pernyataannya di Larnaca. Presiden AS juga tidak membahas pengiriman yang dijadwalkan pada akhir pekan ini dalam pidato kenegaraannya di hadapan Kongres.

Baca Juga:  Pembangunan Dermaga Gaza Selesai, Tapi Operasinya Tertunda

Pada hari Jumat, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara-negara peserta lainnya secara resmi menyatakan dukungannya terhadap koridor bantuan maritim. Inisiatif ini, yang dikenal sebagai Inisiatif Amalthea, telah dikembangkan oleh Siprus sejak November dan merinci mekanisme yang aman untuk mengangkut kiriman ke Gaza. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.