UNJUK RASA DI PARIS TUNTUT AKHIR DERITA DI GAZA

Unjuk rasa di Paris desak akhiri blokade Gaza. (Foto: PIC)
Unjuk rasa di desak akhiri . (Foto: PIC)

Paris, 21 Rabiul Awwal 1436/12 Januari 2015 (MINA) – Sejumlah massa berkumpul di Chatelet Square, sebuah lapangan di Paris, ibukota Perancis bagian tengah melakukan unjuk rasa menuntut agar penderitaan dan krisis kemanusiaan di diakhiri dengan mengakhiri blokade.

Aksi ini digelar dalam rangkaian pekan solidaritas Eropa yang tujuan membebaskan Jalur Gaza dari blokade dengan nama “Kampanye Aksi Eropa Anti Blokade.”

Turut dalam aksi unjuk rasa ini aktivis Perancis pro Palestina, kelompok komunitas Arab dan Islam di Perancis, The Palestinian Information Center (PIC) melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Baca Juga:  Dicap Lakukan Genosida di Gaza, Kolombia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Pengunjuk rasa meminta agar blokade Jalur Gaza segera diakhiri dan perlintasan Rafah dibuka, rekontruksi Jalur Gaza segera diselesaikan serta membuka jalur air dan pelabuhan di Gaza.

Aksi Eropa Anti Blokade sudah dideklarasikan pada 27 bulan Desember tahun lalu dna akan berlangsung hingga 18 Januari ini sebagai bentuk peringatan tahun ke-6 agresi ke Gaza pada tahun 2008.

Dalam konteks yang sama, ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Internasional Pro Gaza, Dr. Isham Yusuf meneagaskan, aksi yang terdiri dari serangkaian kegiatan ini juga akan digelar di sejumlah Negara Eropa, seluruh dunia dan Arab meenentang blokade Jalur Gaza serta meminta agar rekontruksi segera diakhiri.

Baca Juga:  Gaza Bantah AS dan Israel tentang Peningkatan Bantuan Kemanusiaan

Yusuf meminta agar para pendukung rakyat Palestina mengintenskan tuntutan mereka kepada pemerintah setempat dan parlemennya dalam menekan ‘Israel’ mengakhiri blokade atas Gaza dan mengakhiri penjajahan di Palestina sebagai tindak lanjut atas pengakuan mereka terhadap Negara Palestina.

Selain mengenang agresi ‘Israel’ berkali-kali ke Jalur Gaza, Yusuf menegaskan, ribuan warga Jalur Gaza mengungsi akibat agresi itu. Mereka sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Termasuk dukungan dari sisi hukum agar ‘Israel’ diseret ke pengadilan internasional.(T/P011/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0