Wamendag: ASEAN Harus Perkuat Kolaborasi dengan Intra-ASEAN dan Mitra Dialog

Jakarta, MINA – Untuk menghadapi tantangan global, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan harus memperkuat kolaborasi antar-anggota ASEAN dan Mitra Dialog ASEAN.

Hal itu disampaikan Jerry dalam acara ASEAN Investment Forum 2023 Day 2 di Jakarta. Forum tersebut merupakan agenda tambahan dalam ASEAN Business and Investment Summit 2023 yang digelar pada 2-7 September 2023.

Ia mengatakan, interaksi-interaksi dan kolaborasi anggota ASEAN akan menghilangkan hambatan perdagangan secara internal serta memperkuat posisi ASEAN di kawasan dan global sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan perekonomian global saat ini.

Ia menambahkan, ASEAN juga harus mendorong terciptanya sistem regulasi yang harmonis dan saling diakui, seperti tercantum dalam ASEAN Comprehensive Investment Agreement (ACIA) yang mengutamakan empat pilar investasi yakni liberalisasi, perlindungan, promosi, dan fasilitasi.

Baca Juga:  Jama’ah Muslimin Lampung Timur Gelar Tabligh Akbar

ASEAN juga harus meminimalisasi ketentuan yang mempersulit pelaku usaha untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan intra-ASEAN dan mitra dialog lainnya.

Jerry menambahkan, bersama dengan pemerintah dan pembuat kebijakan di seluruh negara anggota ASEAN, Sekretariat ASEAN dapat memberikan efisiensi yang lebih besar dan implementasi yang efektif dari kegiatan-kegiatan ASEAN dalam mendorong kerja sama regulasi untuk investasi ASEAN yang dapat berinvestasi.

Sekretariat ASEAN juga berperan penting dalam memberikan analisis dan rekomendasi strategis kepada ASEAN untuk mempromosikan investasi ASEAN.

Jerry mencatat, salah satu hambatan potensial dalam upaya menyederhanakan kebijakan negara anggota ASEAN mungkin berasal dari tahapan pembangunan ekonomi dan industri yang berbeda. Namun, untuk mencapai perekonomian daerah yang sangat terintegrasi dan kohesif, dibutuhkan masyarakat yang berketahanan dan inklusif yang kemudian melahirkan pemerataan pembangunan dan pertumbuhan inklusif.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Sesi forum ini mengusung tema “Regulatory Cooperation for Investible ASEAN” dan mengundang para pembuat kebijakan untuk membahas tantangan dan peluang dalam mencapai kerja sama kebijakan di kawasan ASEAN. Hal ini bertujuan menumbuhkan lingkungan yang kondusif bagi investasi.

ASEAN Investment Forum 2023 mencakup sesi-sesi yang berpusat pada pertumbuhan ekonomi global ASEAN, investasi intra-ASEAN, investasi berkelanjutan, investasi global di kawasan, dan kerja sama regulasi.

Forum ini menghadirkan pembicara dari ASEAN dan mitra dialognya; yang merupakan pelopor dan penggerak sektor bisnis, pemimpin investasi dan teknologi, serta lembaga internasional.(R/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.