Wanita Penggemar Sepak Bola Saudi Pertama Kali Nonton di Stadion

menonton pertandingan sepak bola di stadion Riyadh bersama keluarga, Jumat, 12 Januari 2018. (Foto: Mohamed Manei/AN)

 

Riyadh, MINA – Wanita-wanita Arab Saudi penggemar sepak bola  untuk pertama kali diizinkan menonton langsung pertandingan sepak bola  di stadion King Abdullah Sports City, Riyadh, pada hari Jumat (12/1).

Pertandingan pertama yang dihadiri oleh para wanita itu adalah  antara Kesebelasan Al-Ahli versus Al-Batin. Demikian Arab News memberitakannya yang dikutip MINA.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pencabutan larangan menonton sepak bola bagi wanita pada akhir tahun lalu dan kini para wanita dapat menikmati pertandingan  Liga Profesional Saudi.

Perintah pemerintah mengatakan bahwa perempuan juga dapat menghadiri pertandingan kedua pada hari berikutnya (13 Januari) di Jeddah dan yang ketiga pada 18 Januari di Dammam.

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Wanita dari seluruh Kerajaan Teluk yang luas itu dapat memanfaatkan kebebasan baru ini.

Langkah tersebut adalah reformasi sosial pertama Arab Saudi yang direncanakan untuk tahun ini dengan memberi hak perempuan lebih besar.

Kerajaan telah menetapkan “bagian keluarga” di tribun wanita, dipisahkan oleh penghalang dari bagian laki-laki.

Stadion juga dilengkapi dengan area shalat wanita, toilet dan area merokok, serta pintu masuk dan tempat parkir yang terpisah untuk penonton wanita. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.