Wisata Ramadhan, BAZNAS Ajak Muzaki Membatik di Kampung Batik Cibuluh

(Foto: Istimewa)

Bogor, MINA – mengajak muzaki yang terdiri dari pelajar dan masyarakat umum untuk merasakan pengalaman membatik di Kampung Cibuluh, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/4).

Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung binaan BAZNAS yang mengembangkan potensi batik dan memberdayakan masyarakat sekitar.

Guna mengembangkan potensi ini, BAZNAS memberikan bantuan pendampingan, permodalan, dan pelatihan secara intensif agar para mustahik bisa mencapai kemandirian ekonomi.

Pada acara yang dikemas dalam Wisata BAZNAS itu, BAZNAS turut mengajak para muzaki untuk terjun langsung menyalurkan bantuan kepada penerima manfaat, serta mengeksplorasi kebudayaan setempat.

Alhamdulillah, Wisata Ramadhan di Cibuluh bisa berlangsung dan pesertanya yang mengikutinya cukup banyak,” ujar Pimpinan BAZNAS, Muhamad Nadratuzzaman Hosen.

Tujuan, menurut Nadratuzzaman, adalah memperkenalkan cara mengelola, memasarkan, dan memperkenalkan Kampung Cibuluh sebagai Kampung Batik ke seluruh masyarakat

Menurut Nadratuzzaman, Wisata Ramadhan juga menjadi salah satu bentuk kegiatan memperkenalkan budaya asli Indonesia yaitu batik.

Batik harus dilestarikan dan punya pangsa pasar yang besar. Selain itu, batik ini sudah menjadi pakaian nasional.

“Saya bersyukur Kota Bogor punya Kampung Batik Cibuluh ini yang memproduksi batik khas Bogor. Ini adalah suatu kekayaan budaya dan sosial untuk masyarakat Kota Bogor,” katanya.

“Saya merasa peran BAZNAS mengembangkan budaya batik agar terus berkembang, terutama dalam memberdayakan para perajin. Saya juga berharap dukungan pihak daerah maupun swasta membantu perkembangan Kampung Cibuluh ini,” sambungnya.

Dia juga berharap Pemerintah Kota Bogor bersama pemda dan BAZNAS bisa terus memperhatikan Kampung Cibuluh ini dengan berbagai kegiatan.

“Kami berharap suatu saat Bogor bisa terkenal dengan Batik Cibuluhnya, sehingga banyak masyarakat berwisata di Bogor khususnya di Kampung Cibuluh,” tambahnya.(R/R2/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.