Saat Trump Tidak Tahu India Berbatasan dengan Cina

Washington, MINA – Momen memalukan dialami Presiden Amerika Serikat saat dirinya mengira India tidak berbatasan langsung dengan Cina.

Ketidaktahuan tersebut terungkap dalam pembicaraannya dengan Perdana Menteri India Narendra Modi saat membahas ancaman Cina terhadap India.

“Tidak demikian urusannya jika saja China berbatasan dengan [negeri] Anda,” kata Trump di depan Modi, seperti dikutip dua wartawan Washington Post Philip Rucker dan Carole Leung dalam buku mereka berjudul A Very Stable Genius.

“Mendengar pernyataan Trump tersebut mata Modi tampak terkejut”, tulis Philip Rucker dan Carole Leung. Pendamping Trump, tutur keduanya, menyebut India mengambil langkah mundur dalam hubungan diplomatik mereka dengan Amerika Serikat.

Tidak disebutkan dalam buku tersebut kapan pertemuan itu terjadi. Trump dan Modi beberapa kali bertemu.

Peristiwa tersebut, menurut Philip Rucker dan Carole Leung, mencerminkan ketidaktahuan Trump akan fakta-fakta geografis dan historis.

India memiliki perbatasan yang sama dengan Cina, dan kedua negara itu berperang pada tahun 1962 karena perselisihan perbatasan antara mereka atas suatu wilayah di Himalaya.

Seorang koresponden majalah TIME tahun lalu menulis Trump sempat menyebut dirinya tahu Nepal dan Bhutan terletak di India sebelum akhirnya ia koreksi. [T/RA 02/P2]

Mi’raj News Agency [MINA]

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.