Abbas Angkat Hussein Al-Sheikh Jadi Tangan Kanan dan ‘Calon Penerus’

Hussein Al-Sheikh (kiri) adalah sekutu kunci dan kemungkinan pengganti Presiden Palestina Mahmoud Abbas. [Issam Rimawi/Anadolu Agency/Getty-archive]

Ramallah, MINA – Mahmoud Abbas menjadikan sekutu kuncinya, Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan (PLO) , sebagai tangan kanannya dan kemungkinan ‘calon penerus”, pada Kamis (26/5).

Keputusan yang dilaporkan oleh kantor berita Otoritas Palestina (PA) Wafa itu, berarti Menteri Urusan Sipil Al-Sheikh (61) sekarang menjadi pejabat Palestina paling senior kedua, The New Arab melaporkan.

Tidak ada pemungutan suara menjelang langkah itu. Baik komite pusat partai Fatah pimpinan Abbas yang berusia 87 tahun maupun komite eksekutif PLO tidak dimintai masukannya, kata harian Haaretz.

Al-Sheikh yang mengawasi kerja sama dengan Israel mengenai masalah sipil, menggantikan Saeb Erekat yang meninggal karena virus corona pada akhir 2020.

Baca Juga:  Hadapi Konspirasi Zionis, Ulama Palestina Serukan Perjalanan ke Al-Aqsa

Langkah itu digambarkan sebagai “oportunistik” oleh seorang tokoh Fatah, yang mengatakan, itu menunjukkan keretakan antara mereka yang berada di puncak dan rakyat Palestina biasa, kata Haaretz.

Orang lain di Otoritas Palestina mengindikasikan keputusan itu bahwa sekarang mungkin berarti Al-Sheikh adalah orang yang paling mungkin untuk mengambil jubah pemimpin setelah Abbas, mengakhiri sementara perjuangan untuk jabatan puncak.

“Dalam skenario di mana Abu Mazen [Abbas] tidak dapat berfungsi, ketua Dewan Nasional Palestina akan menjadi penjabat presiden,” kata salah seorang sumber Otoritas Palestina. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.