Anthony Ginting Juara Badminton Asia Championship 2023

(Doc. PBSI)

Dubai, MINA – Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, sukses juarai turnamen usai menaklukkan Loh Kean Yew dalam dua set langsung.

Dia mengalahkan wakil Singapura itu dengan skor 21-12 dan 21-8 dalam pertandingan di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Ahad (30/4) malam.

Tunggal putra nomor 2 dunia tersebut telah mendominasi sedari awal. Ginting pun berhasil menaklukkan Loh Kean Yew hanya dalam durasi 28 menit.

Gelar BAC 2023 membuat Ginting mengukir tinta sejarah dalam kariernya. Diantaranya, ini adalah pertama kalinya pemain kelahiran Cimahi itu keluar sebagai juara di ajang bergengsi se-Asia tersebut.

Kedua, Ginting sukses mengakhiri puasa gelar 16 tahun di sektor tunggal putra Indonesia untuk meraih gelar juara di ajang ini. Terakhir kali seorang tunggal putra menjadi juara Asia adalah pada 2007 silam, yang diraih oleh Taufik Hidayat.

Kemudian yang ketiga, Ginting akhirnya kembali merasakan gelar juara turnamen yang setara Super 1000. Terakhir kali dia meraih gelar juara di level tersebut pada China Open 2018.

Pada saat itu, Ginting bertarung dengan sengit ketika menghadapi Kento Momota asal Jepang. Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu menaklukkan Momota dalam dua set langsung dengan skor 23-20 dan 21-19 dalam tempo 63 menit.

Dengan hasil ini, Ginting semakin percaya diri dalam menatap ajang bergengsi selanjutnya. Terdekat, Ginting dan para pebulu tangkis Indonesia akan berjuang di Piala Sudirman 2023 yang akan berlangsung di China pada 14-21 Mei 2023. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.