Bincang Buku Terbaru MER-C “Menghimpun Kebesaran Allah” di Radio Silaturahim

Buku terbaru Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) berjudul "Menghimpun Kebesaran Allah".(Foto: Istimewa)

Depok, MINA – Radio Silaturahim (RASIL) mengadakan Acara Siaran Bincang Terbaru Medical Emergency Rescue Committee () berjudul “Menghimpun Kebesaran Allah” pada Sabtu, 19 Agustus 2023, pukul 13.00 – 14.00 WIB, yang disiarkan secara langsung melalui saluran Channel Rasil TV.

Acara tersebut diisi tamu bedah buku yaitu dr. Arief, Karidi dan Musfirotul Hasanah sebagai istri dari salah satu relawan Gaza yang dihubungkan via telepon.

Buku tersebut menceritakan tentang perjalanan pembangunan rumah sakit Indonesia di Gaza, mulai dari kondisi saat berada di wilayah konflik hingga iklim yang cukup ekstrim selama pembangunan yang dilakukan oleh para relawan Gaza.

Karidi sebagai narasumber menyampaikan bahwa buku tersebut juga menceritakan tentang bagaimana perjuangan dari para relawan pembangunan di Gaza yang bertaun-tahun rela meninggalkan keluarga, termasuk istri dan anak-anaknya.

“Di situ diceritakan juga bagaimana seorang istri ditinggal sama suami, yang dialami bukan saya saja tapi semua relawan yang ditinggal tidak hanya sebulan dua bulan tapi tahunan” ujarnya.

Dalam bedah buku tersebut Karidi juga menyampaikan terkait kendala selama proses pembangunan Rumah Sakit Indonesia yaitu kesulitan dalam akses masuknya berbagai material bangunan yang dibutuhkan dalam pembangunan tersebut.

Rumah Sakit Indonesia ini dibangun oleh lembaga medis kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia bersama para relawan Pondok Pesantren Al-Fatah se-Indonesia. RS ini dibangun di lahan seluas 16.261 meter persegi yang merupakan wakaf dari pemerintah Palestina. Luas bangunan sekitar 10.000 meter persegi.

Pembangunan RS ini sebagai wujud kepedulian dan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk Palestina, di mana 100 persen dana pembangunan murni dari masyarakat Indonesia.

Pembangunan RS ini dimulai pada Januari 2009 lalu dan kemudian pembangunan fisik RS INDONESIA dimulai pada Mei 2011. Melalui dua peperangan besar pada tahun 2012 dan 2014, pembangunan RS Indonesia tetap berjalan dan selesai pada pertengahan tahun 2014.

Rumah sakit yang berlokasi di Bayt Lahiya, Gaza Utara, palestina, di resmi dibuka dan beroperasi pada 27 Desember 2015, memberikan pelayanan medis bagi rakyat Gaza yang membutuhkan.

MER-C membuka penawaran bagi instansi, masjid, sekolah, kampus dan komuitas yang ingin menggelar bedah buku tentang perjuangan ini dapat menghubungi tim MER-C di 0811990176. Untuk pembelian buku juga dapat dilakukan melalui kontak serupa dengan harga 200 ribu rupiah belum termasuk ongkos kirim. Pembelian buku juga termasuk donas untuk RS Indonesia di Jalur Gaza.(L/Yr/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.