CEC Undang Uni Eropa Jadi Pengamat Pemilu Palestina

Hanna Nasser, kepala CEC (kiri) menyerahkan kepada Perwakilan Uni Eropa Sven Kuhn von Burgsdorf (kanan) undangan resmi untuk mengamati pemilu. (Foto : Wafa)

Ramallah, MINA – Komisi Pemilihan Umum Pusat Palestina (CEC) pada Ahad (24/1) menyampaikan undangan resmi kepada Parlemen Eropa dan Uni Eropa (UE) untuk menadi Pengamat pada pemilu Palestina yang akan datang.

Perwakilan UE, Sven Kuhn von Burgsdorf, menerima undangan saat pertemuannya hari Ahad ini dengan Ketua CEC, Hanna Nasser, di markas CEC di Al-Bireh.

Nasser dalam pertemuan ini menekankan pentingnya pengamat internasional memantau proses pemilu, terutama oleh UE, sebagai mitra kunci jangka panjang untuk CEC, Wafa melaporkan.

Nasser juga mendesak semua badan pemantau internasional untuk memantau pemilu Palestina mendatang.

Di sisi lain, Burgsdorf mengapresiasi peran CEC dan kesiapsiagaannya di tengah tantangan yang ada.

Ia juga menegaskan dukungan UE pada Palestina untuk menyelenggarakan pemilu yang bebas dan adil sesuai dengan standar internasional.

Burgsdorf juga menekankan pentingnya memastikan partisipasi semua rakyat Palestina dalam proses pemilihan di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Yerusalem Timur, sebagai kandidat dan pemilih.

Pada awal proses pemilu, CEC akan mengundang badan-badan lokal dan internasional yang bekerja di bidang demokrasi dan pemerintahan yang baik, untuk mengajukan akreditasi sebagai misi observasi.

Akreditasi akan memberi akses pada pengamat ke pusat-pusat pemungutan suara untuk memantau  pemilu dan memastikan integritas dan transparansi pemilu. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)