China Ancam Downgrade Hubungan dengan Israel

Sumber Foto: The Media Line

Tel Aviv, MINA – Seorang diplomat senior China mengancam akan men-downgrade atau menurunkan level hubungan dengan dan memutuskan hubungan dengan surat kabar Israel, The Jerusalem Post, kecuali jika menghapus wawancara dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan yang diterbitkan Senin (30/5).

Pemimpin Redaksi The Jerusalem Post, Yaakov Katz di Twitter mengungkapkan, dia mendapat telepon dari Kedubes China yang meminta dia “seharusnya menghapus berita itu atau mereka akan memutuskan hubungan dengan The Jerusalem Post dan downgrade hubungan dengan Negara Israel. Tak perlu dikatakan, cerita tidak akan ke mana-mana.”

Dikutip dari MEMO, Rabu (1/6), dalam wawancara eksklusif The Jerusalem Post dengan Menlu Taiwan, Joseph Wu, dia memperingatkan, Israel terlalu bergantung pada China dan Beijing juga bersiap untuk menyerang Taiwan.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

China dan Taiwan telah lama menjadi rival sejak Partai Komunis China (PKC) mengambil alih daratan China dan memaksa mantan pemerintah yang diakui secara internasional untuk melarikan diri ke pulau terdekat Taiwan pada 1949.

Selama beberapa dekade, Amerika Serikat (AS) dan kekuatan barat telah menjamin perlindungan Taiwan dan pemerintahnya, dengan pasukan AS yang ditempatkan di pulau itu serta armada ketujuh angkatan lautnya berbasis di wilayah tersebut.

Israel juga meningkatkan hubungan dengan Taipei selama bertahun-tahun, sambil mempertahankan dan mengembangkan hubungannya dengan China.

Ini bukan pertama kalinya surat kabar itu membuat marah China atau menerima kecaman dari kedutaannya, seperti sebelumnya dikutuk setelah sebuah artikel opini diterbitkan pada 10 Mei yang meliput genosida otoritas China terhadap populasi Muslim Uighur di provinsi barat laut Xinjiang. (T/RE1/RI-1)

Baca Juga:  Israel Lakukan 685 Pelanggaran di Yerusalem Selama Bulan April

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.