Dekranasda Dapat Majukan Potensi Pengrajin Kota Bekasi

Bekasi, MINA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Bekasi Yolla Kusuma berharap lembaganya dapat membawa kemajuan bagi industri-industri kreatif yang ada di Kota Bekasi. Dekranasda mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Saya berharap Dekranasda memiliki kemampuan dan kompetensi membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di wilayah Kota Bekasi,”kata Yolla dalam sambutan Rapat Dekranasda Kota Bekasi, Kamis (12/10).

Dekranasda berperan aktif menggali potensi dan mengembangkan karya cipta dan produksi buatan dalam negeri, sehingga dapat mengembangkan ekonomi kreatif, lebih inovatif dan memberikan peran positif meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat.

Yolla juga mengatakan, Dekranasda menyelaraskan program sesuai visi-misi dan pembangunan Kota Bekasi dengan memaksimalkan potensi kerajinan daerah, termasuk menjalin kerja sama dengan semua pihak, hingga peran dekranasda dalam pembangunan kerajinan dapat benar-benar terwujud.

Baca Juga:  Sudah 164 Calon Santri Ponpes Al-Fatah, Pendaftaran Masih Dibuka

“Dekranasda merupakan wadah memajukan para pengrajin kita, memperkenalkan produk hasil karya pengrajin lokal ke luar daerah, maksimal ekspos produk unggulan kita agar semakin memasyarakat. Melalui berbagai sarana media sosial menciptakan karya-karya potensial, inovatif,” imbuh Yolla

Banyak segala tantangan yang cukup komplek untuk mewujudkan Dekranasda yang memacu para UMKM untuk terus bangkit dan maju bersama.

Yolla juga menaruh harapan kepada seluruh anggota agar mempunyai komitmen yang tinggi dalam bekerja, karena dengan komitmen akan menghasilkan karya-karya yang berdaya guna.

Produk kerajinan Kota Bekasi merupakan salah satu bidang usaha yang sebagian besar dilakukan oleh masyarakat golongan menengah, mikro kecil bahkan sebagai usaha rumah tangga yang tenaga kerjanya dari anggota keluarga itu sendiri.

Baca Juga:  Dua Buku Teguh Santosa Lengkapi Pojok Baca Digital PWI

“Diperlukan suatu lembaga yang mewadahinya yaitu dekranasda yang bertanggung jawab dalam mengembangkan usaha yang berbasis kerakyatan tersebut,“ ujarnya.

“Pihaknya berharap dapat lebih maju lagi, banyak akan dikerjakan menghidupkan berbagai potensi kita miliki dengan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Yolla mengajak seluruh stakeholder untuk terus mencintai dan menggunakan produk lokal sebagai upaya dalam membangkitkan UMKM.

Hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi Yayan Yuliana, Kepala DP3A Drh Satya Sri Wijayanti, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Amsyiah dan para pengurus. (R/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi