DEMOKRASI BUKAN DARI ISLAM

5 mar agus priyono

 

5 mar agus priyonoOleh : Ustadz Agus Priyono,M.S.

Waliyul Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jabodetabek

Dosen IPB Bogor

فَلَا وَرَبِّكَ لَا يُؤۡمِنُونَ حَتَّىٰ يُحَكِّمُوكَ فِيمَا شَجَرَ بَيۡنَهُمۡ ثُمَّ لَا يَجِدُواْ فِىٓ أَنفُسِہِمۡ حَرَجً۬ا مِّمَّا قَضَيۡتَ وَيُسَلِّمُواْ تَسۡلِيمً۬ا

Artinya : “Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya”  (QS. An-Nisa 65).

Secara mendasar, teori adalah pemerintahan yang meletakkan kedaulatan di tangan rakyat. Para pemimpin yang diangkat dalam sistem demokrasi terikat dengan kontrak sosial untuk melaksanakan aspirasi rakyat. Adanya kritik, koreksi bahkan pemecatan pemimpin dalam sistem demokrasi, seluruhnya terkait dengan aspirasi rakyat. Intinya, kekuasaan ada di tangan rakyat.

Makna-makna ini berbeda dan sangat bertentangan dengan hukum-hukum Islam. Dari aspek kekuasaan legislatif dan hak pembuatan sistem, Islam telah memberikannya terbatas kepada Allah dan Rasul-Nya, di mana sumbernya adalah Al Qur’an dan As Sunnah. Dalam Islam, ummat tidak mempunyai hak untuk keluar dari satu nash Islam-pun, meski semuanya sepakat mengenai hal itu.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman,

وَأَنِ ٱحۡكُم بَيۡنَہُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَآءَهُمۡ وَٱحۡذَرۡهُمۡ أَن يَفۡتِنُوكَ عَنۢ بَعۡضِ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ إِلَيۡكَ‌ۖ فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَٱعۡلَمۡ أَنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُصِيبَہُم بِبَعۡضِ ذُنُوبِہِمۡ‌ۗ وَإِنَّ كَثِيرً۬ا مِّنَ ٱلنَّاسِ لَفَـٰسِقُونَ

Artinya : “Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling [dari hukum yang telah diturunkan Allah], maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.” (QS Al-Maidah : 49).

Kehidupan manusia memang tidak lepas dari kebutuhan untuk berinteraksi bersosialisasi antar sesama. Kebutuhan ini menimbulkan berbagai bentuk pola hubungan, dari yang bersifat eksploitatif destruktif maupun yang konstruktif.  Dalam diskusi kita kali ini banyak disinggung salah satu atau mungkin justru biangnya alur penghancuran umat Islam di muka bumi ini, yaitu demorkasi.  Ternyata telah terbukti bahwa demokrasi tidak menghasilkan kedamaian dan kesejahteraan apa-apa, bahkan menyengsarakan.

Namun demikian demokrasi saat ini tanpa terasa dianggap sebagai tren perjuangan manusia untuk mencapai pola hubungan sosial terbaik, yang akan memberikan keamanan, kedamaian, keadilan dan kesejahteraan umat manusia. Orang akan merasa ketinggalan jaman jika tidak mendukung dan mengamalkan demokrasi.  Di rumah seorang ayah akan mengatakan: Ayah akan menegakkan demokrasi dalam kehidupan rumah tangga.

Seorang Lurah akan mengatakan di depan warganya:  Mari kita bangun desa ini secara demokratis.  Semua orang seolah-olah beranggapan bahwa demokrasi adalah puncak tertinggi sistem kehidupan manusia.  Lebih aneh lagi bahwa ternyata banyak cendekiawan muslim yang ikut latah menyatakan bahwa Islam itu demokrasi atau mengatakan demokrasi itu dari Islam, atau setidaknya menyatakan bahwa Demokrasi itu digali dari Islam.

Apa itu Demokrasi ?

Pengertian demokrasi sudah bercabang-cabang dan dicocok-cocokkan dengan tujuan masing-masing individu, kelompok atau bangsa. Kata demokrasi berasal dari kata : demos artinya rakyat dan kratos artinya kekuasaan. Jadi secara etimologi kata demokrasi kurang lebih adalah pola kehidupan dimana kekuasaan di tangan rakyat.

 

Dengan paham ini kehidupan masyarakat diatur atau ditentukan oleh kesepakatan diantara individu-individu dalam masyarakat. Segala aturan hidup dan peraturan perundangan dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan individu-individu atau orang-orang dalam suatu masyarakat. Demikian pengertian asal Demokrasi.

Jadi pengertian hakikinya adalah pemerintahan rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Namun demikian dijumpai pula pengertian-pengertian umum yang ditetapkan untuk memaknai demokrasi atau dilekatkan pada kata demokrasi.

Di antaranya yang banyak dianut dalam masyarakat bahwa demokrasi dimaknai sebagai sistem sosial yg menegaskan nilai-nilai individu dan kehormatan pribadi manusia.

Tepatkah manusia mengamalkan sistem demokrasi?

Jawabannya adalah tidak, mengapa? Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa manusia tidak tepat mengamalkan sistem demokrasi antara lain.

Pertama, sistem demokrasi buatan manusia yang terbukti telah gagal mengatur dunia.

Secara logika dan realita dalam prakteknya, ternyata demokrasi gagal menenteramkan dan mensejahterakan dunia. Negara-negara barat yg umumnya kaya, merupakan hasil rampasan paksa terhadap negara lain Asia-Afrika yang kalah atau lemah dalam pertahanan negara. Kebanyakan mereka justru sebagai negara monarkhi atau kerajaan tiranis, sambil ikut latah memoles istilah demokrasi.  Demokrasi hanya dijadikan alat untuk membenarkan penganiayaan dan penghancuran bangsa lain oleh  barat atas Asia-Afrika khususnya dunia Islam.

Kasus penghancuran muslimin di Afganistan,  Irak, Libanon, Palestina, bahkan sengaja menimbulkan peperangan diantara mereka. Peperangan serta pembentukan kubu-kubu koalisi antar negara terjadi di muka bumi ini.  Inikah hasil propaganda demokrasi?

Islam justru sebaliknya, mengatur kehidupan manusia itu dengan wahyu Allah/Syariat.

Allah berfirman,

أَفَحُكۡمَ ٱلۡجَـٰهِلِيَّةِ يَبۡغُونَ‌ۚ وَمَنۡ أَحۡسَنُ مِنَ ٱللَّهِ حُكۡمً۬ا لِّقَوۡمٍ۬ يُوقِنُونَ

Artinya : “Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (sistem hukum) siapakah yang lebih baik dari pada (sistem hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin” (QS. Al-Maidah 50).

Bahkan Allah secara tegas mengancam kepada mereka yang tidak berhukum kepada Allah, dengan firman-Nya,

وَمَن لَّمۡ يَحۡكُم بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ فَأُوْلَـٰٓٮِٕكَ هُمُ ٱلۡكَـٰفِرُونَ

Artinya : “Barangsiapa yg tidak berhukum dengan apa yang Allah turunkan, maka mereka itu adalah orang-orang yg kafir.”  (QS Al-Maidah 44).

Di dalam Islam tidak ada satupun perbuatan manusia yang tidak diatur.

Allah berfirman,

وَيَوۡمَ نَبۡعَثُ فِى كُلِّ أُمَّةٍ۬ شَهِيدًا عَلَيۡهِم مِّنۡ أَنفُسِہِمۡ‌ۖ وَجِئۡنَا بِكَ شَہِيدًا عَلَىٰ هَـٰٓؤُلَآءِ‌ۚ وَنَزَّلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ تِبۡيَـٰنً۬ا لِّكُلِّ شَىۡءٍ۬ وَهُدً۬ى وَرَحۡمَةً۬ وَبُشۡرَىٰ لِلۡمُسۡلِمِينَ

Artinya : “(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri”. (QS An-Nahl : 89).

Jelaslah dengan demikian bahwa mengamalkan demokrasi adalah mengatur hidup dengan aturan manusia sendiri, mengabaikan aturan Allah. Bertentangan dengan syareat Islam.  Ketika demokrasi mengatakan kedaulatan milik rakyat, maka Islam menyatakan bahwa kedaulatan milik Allah.

Allah berfirman,

قُلۡ إِنِّى عَلَىٰ بَيِّنَةٍ۬ مِّن رَّبِّى وَڪَذَّبۡتُم بِهِۦ‌ۚ مَا عِندِى مَا تَسۡتَعۡجِلُونَ بِهِۦۤ‌ۚ إِنِ ٱلۡحُكۡمُ إِلَّا لِلَّهِ‌ۖ يَقُصُّ ٱلۡحَقَّ‌ۖ وَهُوَ خَيۡرُ ٱلۡفَـٰصِلِينَ

Artinya : “Katakanlah: “Sesungguhnya aku (berada) di atas hujjah yang nyata (Al Qur’an) dari Tuhanku sedang kamu mendustakannya. Bukanlah wewenangku (untuk menurunkan azab) yang kamu tuntut untuk disegerakan kedatangannya. Menetapkan hukum itu hanyalah hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia Pemberi keputusan yang paling baik.” (QS. Al-An’am 57).

Kedua, demokrasi memecah belah muslimin.

Demam demokrasi sudah mewabah bahkan diterima muslimin dengan penuh suka cita.  Dengan mengusung kebebasan berkumpul dan berserikat (freedom of association), maka menjamurlah partai-partai politik, juga parpol Islam. Perseteruan atau koalisi saling bertukar sesuai kepentingan politik mereka, bahkan tidak sedikit parpol Islam yang pecah seperti bakteri membelah diri. Ketika kampanye dan Pilkada perseteruan berubah menjadi pertempuran dahsyat antar komponen umat. Umatlah yg akhirnya bingung mana yg harus diikuti.

Ketiga, demokrasi mengajarkan sekulerisme.

Dalam praktek demokrasi, individu-individu menyerahkan penetapan aturan, sistem maupun perundang-undangan pada Lembaga Legislatif yang mereka pekerjakan untuk mengimplementasikan kehendak mereka. Dalam kaitan ini tidak ada ruang bagi agama untuk berperan menentukan pola hidup dan hukum-hukum yang mereka tetapkan.

Karena tidak mungkin aspirasi dan kehendak seluruh individu terwadahi, maka akhirnya suara terbanyak (mayoritas) yg menjadi tolok ukur penetapan segala aturan hukum, tanpa memandang benar atau salah. Contoh di beberapa negara Eropa melegalkan perkawinan homo seksual, sementara di negara demokrasi barat lainnya tidak.  Semua tergantung kompromi mereka. Hidup di alam demokrasi diatur oleh kesepakatan manusia, bukan aturan Allah. Moto terkenal mereka : Berikan apa yg menjadi milik Kaisar kepada Kaisar, dan apa yg menjadi milik Allah berikan kepada Allah.

Sesuai filosofinya, maka dalam demokrasi segala aturan hidup ataupun hukum ditetapkan berdasarkan kepentingan manusia dan suara mayoritas.  Kedua hal inilah yg menjadi kepemimpinan berfikir (qiyadah fikriyah). Pemikiran-pemikiran sekuleristis yg memisahkan urusan agama dengan kepemimpinan umat bahkan muncul di tengah umat Islam sendiri.

Agama hanya mengatur dzikir, sholat, zakat dan haji.  Sedangkan kepemimpinan umat diserahkan pada sistem lain diluar syariat.  Pedoman Allah dan Rasulullah disingkirkan jauh-jauh.

Allah berfirman,

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱدۡخُلُواْ فِى ٱلسِّلۡمِ ڪَآفَّةً۬ وَلَا تَتَّبِعُواْ خُطُوَٲتِ ٱلشَّيۡطَـٰنِ‌ۚ إِنَّهُ ۥ لَڪُمۡ عَدُوٌّ۬ مُّبِينٌ۬

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu”. (QS Al-Baqarah 208).

Keempat, demokrasi membuka liberalisme (kebebasan).

Dengan dalih kebebasan sebagai implementasi demokrasi, maka bermunculan berbagai perilaku aneh dari barat yang merusak moral dan akidah umat.  Dengan dalih kebebasan kepemilikan (freedom of ownership) manusia yg satu dengan kepemilikannya bebas menggunakan tanpa peduli dampaknya pada orang lain, muncul kapitalisme, muncul penjajahan bangsa atas bangsa karena dorongan ekonomi.  Siapa yang kuat memakan yang lemah.

Islam melarang perbuatan, makanan dan harta yang haram.  Islam membatasi mana yg boleh dan mana yang tidak (halal-haram). Islam juga mensyariatkan pengeluaran zakat, infak dan sodaqoh untuk membersihkan harta dan dirinya.  Dalam Islam setiap mu’min adalah terikat oleh tuntunan Allah demi keselamatan dirinya.  Ikatan hablum minallah dan hablum minannas (QS. Ali Imran 112), ketaatan pada Allah, Rasulullah dan Ulil Amri (QS. An-Nisa 59), ikatan persaudaraan sesama mu’minin (QS Al-Hujurat 10) serta kewajiban saling menasihati sesama mu’min, semuanya merupakan jaring-jaring ikatan yang sebenarnya marupakan naluri (fithrah) manusia.

Mencari kebebasan diluar fithrah sama saja dengan menjerumuskan diri dalam kesesatan hidup, dunia maupun akhirat.  Allah menyatakan telah membeli diri dan harta mu’minin dengan syurga.

 إِنَّ ٱللَّهَ ٱشۡتَرَىٰ مِنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ أَنفُسَهُمۡ وَأَمۡوَٲلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلۡجَنَّةَ‌ۚ يُقَـٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقۡتُلُونَ وَيُقۡتَلُونَ‌ۖ وَعۡدًا عَلَيۡهِ حَقًّ۬ا فِى ٱلتَّوۡرَٮٰةِ وَٱلۡإِنجِيلِ وَٱلۡقُرۡءَانِ‌ۚ وَمَنۡ أَوۡفَىٰ بِعَهۡدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِ‌ۚ فَٱسۡتَبۡشِرُواْ بِبَيۡعِكُمُ ٱلَّذِى بَايَعۡتُم بِهِۦ‌ۚ وَذَٲلِكَ هُوَ ٱلۡفَوۡزُ ٱلۡعَظِيمُ

Artinya : “Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual-beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar“. (QS At-Taubah : 111).

Penutup

Mari kita renungkan bahwa tidak ada jalan hidup yang benar, kecuali mengikuti tuntunan Allah dan Rasul-Nya.  Allah juga mengingatkan kepada kita:

قُلۡ هَلۡ نُنَبِّئُكُم بِٱلۡأَخۡسَرِينَ أَعۡمَـٰلاً . ٱلَّذِينَ ضَلَّ سَعۡيُہُمۡ فِى ٱلۡحَيَوٰةِ ٱلدُّنۡيَا وَهُمۡ يَحۡسَبُونَ أَنَّہُمۡ يُحۡسِنُونَ صُنۡعًا

Artinya : “Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.”  (QS Al-Kahfi : 103-104).

Tak ada sistem satupun di muka bumi ini yang lebih baik dari sistem Islam. Karena itu, sebagai umat terbaik, dan hanya berpegang teguh kepada hukum-hukum Allah dan Rasul-Nya semata, mari kita tinggalkan demokrasi, beralih ke sistem Islam yang rahmatan lil ‘alamin, penuh dengan rasa ukhuwah islamiyyah, bagaikan satu anggota tubuh yang tidak dapat dipisahkan (kal jasadil wahid). *(T/R1).

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0