Gaza Bantah Narasi Israel Bantuan Masuk “300 Truk per Hari”

Ilustrasi: Warga Gaza Palestina berebut makanan di dapur umum. (SS Euro News)

, MINA – Kepala Kantor Media Pemerintah di Gaza Salama Marouf mengungkapkan pada Sabtu (20/4), telah mempromosikan narasi palsu dengan mengatakan truk bantuan yang memasuki Jalur Gaza sekitar 300 per hari.

Marouf menekankan, Program Pangan Dunia (WFP) telah membantah klaim Israel dengan mengumumkan, hanya 392 truk makanan masuk ke Gaza pada bulan April sejauh ini.

Organisasi PBB tersebut mengklarifikasi, jumlah ini “hampir sama dengan angka pada bulan Maret, tetapi setengah dari jumlah tersebut dibandingkan bulan Januari.”

Marouf menekankan, pengumuman WFP sepenuhnya sejalan dengan statistik yang terdokumentasi dari kantor pemerintah, yang mengkonfirmasi bahwa narasi Israel yang diadopsi oleh Amerika Serikat mengenai pengiriman bantuan yang mencapai sekitar 300 per hari adalah “kebohongan murni dan pemalsuan realitas.”

Baca Juga:  Warga London Memprotes Serangan Israel di Rafah

Ia mengatakan, jumlah total truk bantuan yang masuk setiap hari rata-rata berkisar antara 130-150 truk, yang sebenarnya mewakili sekitar 25 persen dari jumlah sebelum agresi dimulai pada bulan Oktober tahun lalu.

Menurut catatan dari kantor pemerintah, jumlah truk bantuan yang dikirim ke Gaza sejak awal bulan ini masih di bawah 2.800. Jumlah tersebut meliputi 744 truk yang masuk melalui penyeberangan Rafah dan sekitar 2.000 truk melalui penyeberangan Karam Abu Salem. Namun, wilayah utara Gaza hanya menerima 327 truk bantuan pada periode yang sama. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.