ISRAEL BUKA KEMBALI PENYEBERANGAN PERBATASAN GAZA

Truk membawa semen memasuki Jalur Gaza dari Israel  melalui Kerem Shalom pada 14 Oktober 2014  (Foto: AFP)
Truk membawa semen memasuki Jalur Gaza dari Israel
melalui Kerem Shalom pada 14 Oktober 2014
(Foto: AFP)

Al-Quds, 12 Muharam 1435/5 November 2014 (MINA) – Seorang jurubicara militer Israel mengatakan, Israel akan membuka kembali dua penyeberangan perbatasan dengan Gaza yang telah ditutup selama akhir pekan.

“Pintu persimpangan Erez dan Kerem Shalom akan dibuka seperti biasa pada Selasa pagi,” kata juru bicara itu  seperti dilaporkan Ma’an News Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Seorang pejabat Palestina yang mengkoordinasikan masuknya barang ke Gaza menegaskan pembukaan kembali penyeberangan, menambahkan bahwa 330 truk barang akan diizinkan masuk ke Jalur terkepung, di samping satu truk semen.

“Persimpangan Erez akan beroperasi di kedua arah,” kata Raed Fattouh.

Kedua penyeberangan telah diperintahkan ditutup setelah sebuah roket ditembakkan dari Gaza yang jatuh di wilayah Israel pada Jumat lalu, tanpa menimbulkan korban atau kerusakan.

Roket pertama yang telah menghantam tanah Israel terjadi pada 16 September, dan yang kedua sejak akhir perang dahsyat selama 50 hari Israel di Gaza.

Sebuah gencatan senjata disepakati antara Israel dan gerakan-gerakan Palestina mulai berlaku pada 26 Agustus, mengakhiri konflik yang diklaim menimbulkan korban sebanyak 2,140 jiwa Palestina, kebanyakan warga sipil, dan 73 korban di pihak Israel, sebagian besar dari mereka adalah tentara.

Kedua belah pihak diharapkan untuk melanjutkan pembicaraan segera di Kairo sebagai bagian dari upaya untuk menjaga gencatan senjata di tempat.(T/P010/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Comments: 0