Israel Umumkan Ditangkapnya Pemilik Bezeq dan Teman Netanyahu

Dari kanan ke kiri: Nir Hefetz, Shaul Elovitch dan Shlomo Filber. (Foto: Motti Kimchi/Orel Cohen)

Yerusalem, MINA – Shaul Elovitch, pemilik utama perusahaan telekomunikasi raksasa Israel Bezeq, mantan penasihat media Perdana Menteri Benjamin Netanyahu Nir Hefetz, dan Direktur Jenderal Kementerian Komunikasi Shlomo Filber ditangkap hari Ahad terkait kasus korupsi Bezeq.

Pengumuman otoritas Israel pada Senin (19/2) malam itu juga mengumumkan ditangkapnya Or dan Iris Elovitch, putra dan istri pemilik Bezeq, serta CEO Stella Handler.

Para tersangka diduga telah memberikan atau menerima suap, melibatkan tindakan yang menguntungkan Bezeq dan situs berita Walla milik Bezeq, sebagai pengganti liputan positif bagi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan keluarganya.

Baca Juga:  Netanyahu Akan Terus Serang Gaza Meski ICC Terbitkan Surat Perintah Penangkapan

Netanyahu sendiri diperkirakan akan ditanyai tentang konspirasi itu dalam waktu dekat, demikian Ynet News melaporkan.

Sara, istri Netanyahu, telah bersedia memberikan kesaksian karena hubungannya dengan Iris Elovitch.

Penyelidik polisi telah memperoleh pesan teks, email dan rekaman beberapa orang yang terlibat.

Polisi dan Otoritas Keamanan Israel memiliki “kesaksian emas” yang sangat signifikan oleh salah satu tersangka yang terlibat, menurut sumber yang mengetahui penyelidikan tersebut.

Kesaksian tersebut dianggap sebagai alasan pengacara tersangka tidak keberatan dengan permintaan polisi untuk mengingatkan klien mereka.

Konspirasi tersebut berkaitan dengan hubungan timbal balik yang diduga antara Netanyahu dan orang-orang yang dekat dengannya, termasuk para eksekutif senior di Bezeq dan Walla. (T/RI-1/P1)

Baca Juga:  Pejuang Al-Qassam Kembali Hancurkan Tank Merkava Israel di Jabaliya

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf