Jakpro Jadi BUMD Pertama Raih Sertifikat Manajemen Proyek Berstandar Internasional

(Foto: istimewa)

Jakarta, MINA – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau meraih sertifikat ISO 21502:2020, sekaligus pertama yang meraih sertifikasi ISO ini.

Sertifikasi ISO ini merupakan Panduan dengan standar internasional.

Menurut Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin, Manajemen Proyek konstruksi merupakan kegiatan yang sangat fundamental bagi Jakpro sebagai Project Owner, sebab konstruksi merupakan salah satu lini bisnis utama bagi perusahaan.

“Oleh karena itu, Jakpro menggunakan sistem manajemen proyek secara efektif untuk proyek-proyek strategis penugasan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Iwan dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (7/3).

Dia mengatakan, capaian ini merupakan pembuktian kepada publik dan para pemangku kebijakan bahwa Jakpro merupakan perusahaan yang profesional dalam menjalankan amanah pembangunan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta, dengan menerapkan sistem dan prosedur sesuai dengan standar internasional bisnis manajemen proyek yang berlaku.

Selain itu, lanjut Iwan, penghargaan ini menjadi komitmen Jakpro untuk terus melaksanakan manajemen proyek sesuai dengan tata-kelola perusahaan yang baik, sekaligus di satu sisi berperan menjadi center of excellence BUMD dalam menjaga mutu manajemen proyek yang baik bagi pemilik pekerjaan.

Baca Juga:  Hardiknas, Fahmi Alaydroes: Selamat Hari ‘Keprihatinan’ Pendidikan Nasional

“Ini merupakan hasil kerja sama tim yang telah berhasil menerapkan strategi manajemenproyek secara optimal serta melalui berbagai tahapan assessment. Hal ini juga merupakansalah satu standar Jakpro dalam komitmen penerapan proses bisnis yang profesional,” ujarnya.

Sertifikasi diraih setelah melalui proses audit eksternal yang ketat oleh lembaga sertifikasi ISO pada 28 Desember 2022 di Kantor Jakpro dan Audit verification pada 5-6 Januari 2023.

Hasil audit menyatakan, Jakpro telah menerapkan Guidance Project Management pada pelaksanaan proyek konstruksi sesuai standard ISO 21502:2020.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Teknik dan Kepatuhan PTBritish Standards Institution (BSI) Group , Joko Prayitno kepada Direktur UtamaJakpro, Iwan Takwin, di Kantor Jakpro Jakarta, pada Jumat (3/3) lalu.

Turut hadir pada acara penyerahan sertifikat tersebut Direktur Teknik dan Pengembangan, Adi Santosa; Direktur Keuangan, Adrian Rusmana; beserta jajaran manajemen Jakpro.

Baca Juga:  Selama Ramadhan, BAZNAS Salurkan Dana ZIS untuk 944.699 Mustahik

Sementara itu, Direktur Teknik Jakpro, Adi Santoso menambahkan, sertifikasi ISO21502:2020 ini menunjukan komitmen Jakpro sebagai salah satu BUMD yang konsisten menjalankan amanah atau penugasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui implementasi tata kelola yang baik yang berstandar internasional.

“Tepat kualitas, tepat waktu, tepat biaya. Nah tiga kontrol utama ini tentu saja menjadi tujuan utama dari project management yang kita terapkan. Oleh karena itu, jajaran manajemen Jakpro mengapresiasi semua pihak terkait mulai dari Direktorat dan semua Divisi yang terlibat dalam pencapaianini,” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Berdasarkan informasi dari BSI Group Indonesia, di Indonesia baru terdapat enam perusahaan yang memperoleh sertifikasi ISO 21502:2020 Project Management System. Mayoritas adalah BUMN yang sudah mengerjakan proyek-proyek besar di Indonesia.

Kemudian, Director PT BSI Group Indonesia, Joko Prayitno menjelaskan, capaian Sertifikasi ISO 21502:2020 menunjukkan bahwa Jakpro telah berhasil mengimplementasikan proyek manajemen berstandar internasional.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

“Sehingga Jakpro bisa memastikan persyaratandanharapan stakeholders melalui peningkatan proyek manajemen yang semakin baik prosesnyadan berkelanjutan,” pungkas Joko.

Dimulai sejak 1960, Jakpro adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di bawah naungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Bersama tujuh anak usahanya, Jakpro menggeluti berbagai bidang usaha, yakni di bidang properti, infrastruktur, utilitas, ICT, transportasi, energi dan sportainment.

Jakpro merupakan satu-satunya perusahaan yang dipercaya untuk membangun dan memelihara lima karya ikonik dan sebuah mega infrastruktur kelas dunia untuk kota Jakarta, di antaranya: Jakarta International Stadium, Jakarta International Velodrome, Jakarta International EquistrianPark, Lintas Raya Terpadu Jakarta (LRTJ), Taman Ismail Marzuki, FasilitasJalan Sehat SepedaSantai (Jalasena) di Pantai Kita Maju Bersama (KMB) dan Intermediate Treatment Facility (ITF).

Baru-baruini perusahaan juga menyelenggarakan kejuaraan balap mobil internasional berbasis listrik, Formula-E seri ke-8 dan yang akan datang seri ke-9.

Berawakan 1.000 personil profesional anak bangsa di bidangnya, kini Jakpro telah menjadi sebuah ekosistem bisnis berbasis keberlanjutan sebagai mitra pemerintah untuk membangun kota Jakarta yang lebih layak huni. (R/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.