Kementerian Intelijen Iran Sebut Pembakar Al-Quran di Swedia Agen Mossad

Teheran, MINA – Kementerian Intelijen Iran mengatakan, warga negara Irak yang membakar salinan Al-Qur’an di luar sebuah masjid di ibu kota Swedia, Stockholm, berafiliasi dengan agen mata-mata Israel Mossad dan terlibat kegiatan spionase terhadap .

Kementerian mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin (10/7) bahwa Salwan Momika lahir di Irak pada tahun 1986 dan dipekerjakan oleh Mossad pada tahun 2019. Press TV melaporkan.

Kementerian menekankan bahwa Momika “terkenal” di negara asalnya, ketenaran dan catatan kriminalnya, bagaimanapun, “diterima dan disambut baik oleh Zionis” pada saat itu.

Setelah direkrut oleh agen mata-mata Israel, pria Irak itu “memainkan peran utama dalam memata-matai gerakan perlawanan dan memajukan proyek disintegrasi Irak,” kata Kementerian Intelijen.

Baca Juga:  Pengusahanya Terbunuh di Mesir, Israel Lakukan Penyelidikan

Sebagai hadiah atas pengkhianatannya terhadap Irak dan komunitas Islam, pria berusia 37 tahun itu diberikan izin tinggal di Swedia dengan bantuan Zionis, tambahnya.

Pernyataan itu mengatakan, Momika melanjutkan “pekerjaan tentara bayaran untuk rezim yang merebut (Israel)” selama dia tinggal di Swedia dan terlibat dalam berbagai misi yang kondusif untuk kondisi barunya.

“Salah satu misi tersebut adalah bahwa dalam beberapa pekan terakhir, mengikuti rencana rezim Zionis untuk menekan perlawanan yang sah dari orang-orang di daerah yang diduduki pada tahun 1967 dan Tepi Barat Sungai Yordan,… agen pengkhianat ini menerapkan proyek gelap dan menghujat,” pernyataan itu menambahkan, mengacu pada pembakaran kitab suci umat Islam.

Baca Juga:  Senator AS Puji Penangguhan Pengiriman Senjata AS ke Israel

Kementerian Intelijen Iran menggarisbawahi bahwa penodaan Al-Qur’an oleh Momika adalah bagian dari proyek Israel untuk mengalihkan perhatian publik dari kekejaman rezim di kota Jenin Tepi Barat yang diduduki dan perlawanan Palestina pada waktu itu.

“Pertunjukan jahat penodaan kitab suci umat Islam diorganisir dan dilaksanakan dengan tepat dengan tujuan untuk menciptakan … propaganda media dan meminggirkan berita tentang kejahatan keji dan meluas dari rezim Zionis di Tepi Barat, terutama Jenin yang tertindas,” kata pernyataan itu.

“Ini adalah praktik umum di kalangan Zionis, yang bersama dengan setiap proyek pembunuhan dan penghancuran, menerapkan proyek kriminal lain untuk mengalihkan perhatian dari yang sebelumnya,” tambahnya.

Baca Juga:  PBB Laksanakan Voting Pengakuan Negara Palestina Jumat

Pada 28 Juni, imigran Irak itu menginjak-injak Al-Qur’an sebelum membakar beberapa halaman di depan masjid terbesar di Stockholm. Penghinaan terhadap kitab suci umat Islam dilakukan di bawah otorisasi dan perlindungan polisi Swedia.

Insiden tersebut, bertepatan dengan dimulainya Idul Adha umat Islam dan berakhirnya ibadah haji tahunan ke Makkah di Arab Saudi, memicu kemarahan umat Islam dari seluruh dunia.

Pemerintah Swedia telah berulang kali mengizinkan pembakaran Al-Qur’an dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Januari, seorang ekstrimis sayap kanan Swedia-Denmark membakar salinan Al-Qur’an di dekat Kedutaan Turki di Stockholm. (T/RI-1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.