Kereta Cepat Makkah-Madinah Siap Beroperasi Januari

Kereta Api Cepat Haramain (Saudi Gazette)

 

Jeddah, MINA – Arab Saudi, Haramain Express, siap beroperasi melakukan perjalanan pertamanya menghubungkan Makkah dan Madinah mulai bulan Januari 2018 mendatang yang akan diberangkatkan setiap jam.

Seorang pejabat untuk proyek tersebut kepada Saudi Gazette Senin (15/8) mengatakan, kereta tersebut tanpa berhenti (nonstop), dengan waktu tempuh selama 90 menit, panjang perjalanan menempuh jarak 450 km.

“Kereta ini sangat dinantikan karena memiliki peran penting untuk menghubungkan dua kota suci Makkah dan Madinah. Kereta tersebut akan mengangkut peziarah, mengurangi beban muatan penumpang pada bus dan melanarkan lalu lintas,” kata pejabat tersebut.

Baca Juga:  Dua Polisi Israel Tewas dalam Serangan Drone Hizbullah

Dia juga mengatakan, saat ini proyek tersebut telah menyelesaikan enam jalur dari 10 rute.Semua jalur akan selesai pada kuartal pertama 2018.

“Proyek tersebut juga akan menyiapkan stasiun di King Abdulaziz International Airport. Sebuah stasiun bandara yang dibangun bekerjasama dengan Otoritas Umum untuk Penerbangan Sipil. Perusahaan Listrik juga akan menyediakan saluran listrik untuk stasiun 1 yang menghubungkan Jeddah ke Makkah,” kata pejabat tersebut.

Dengan adanya Kereta Ekspress Haramain, jarak Makkah dan Madinah dapat ditempuh dalam tempo 90 menit. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan perjalanan bus  selama delapan jam.

Sebanyak 35 kereta api ekspress dengan kapasitas 19.600 penumpang tiap jam akan melayani para jamaah, khususnya pada waktu puncak ibadah . (T/RS2/P1)

Baca Juga:  Menag Cek Persiapan Akhir Layanan Jamaah Haji di Saudi

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.