KHUTBAH IDUL ADHA 1435: AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH PEMBEDA HAK DAN BATHIL

Adzra'ie Abdus Syukur (Dok Radio Al-Fatah)
Adzra’ie Abdus Syukur (Dok Radio Al-Fatah)

Oleh : KH Adzra’ie Abdusy Syukur, Waliyul Imaam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Kalimantan Timur

الحمدلله نحمده ونستعينه ونستغفره،ونعوذ بالله من شرور انفسنا وسيءات اعمالنا ،من يهدالله فهو المهتدي ومن يضلل فوءلاءك هم الخاسرون. اشهد ان لاءله الاالله وحده لاشريك له واشهد ان محمدا عبده ورسوله لا نبي بعده، اللهم صل محمد وعلى ءال محمد ماشاء الله كان وما لم يشء لم يكن ،لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم، امابعد

I.Muqaddimah

Fenomena yang ada didepan mata kita hari ini adalah perpecahan dikalangan Ummat Islam nampak semakin menjadi-jadi, sementara Allah mengecam bahwa perpecahan yang berakibat  menjadikan ummat Islam Bergolong-golongan (Berfirqah-firqah) adalah termasuk dalam katagori musyrik. (Q.S. Ar-Rum [30] : 31-32).

II.Permasalahan

Solusi satu-satunya adalah dengan Persatuan (Berjama’ah).

Ummat Islam sedunia ini bersatu padu dipimpin oleh seorang Imamul muslimin yang juga disebut khalifah (Jama’ah imamah atau khilafah), akan tetapi lagi-lagi menemui kendala yang disebabkan diantaranya adalah :

  1. Semua pihak menyerukan persatuan dan membentuk jama’ah masing-masing atau khalifah masing masing.
  2. Ada hadits Rasulullah SAW yang menyebutkan bahwa ada tiga do’a Rasulullah SAW, yang dua diqabulkan sedangkan yang satu tidak diqobulkan, yaitu agar ummat islam bersatu dan tidak bercerai-berai. Adakah solusi lainnya?

III.Solusi

Solusi satu-satunya tidak lain kecuali kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah secara kaaffah dan ikhlash. Karena itu satu-satunya syarat muthlaq dari Allah dan Rasul-Nya. Selanjutnya marilah kita bahas bersama  dengan berpedoman Al-Qur’an dan Sunnah Nabi SAW.

IV.Tinjauan Al-Quran dan As-Sunnah (Kaffah)

Allah berfirman:

واعتصموا بحبل الله جميعا ولا تفرقوا….(ال عمران اية 103)

Ayat ini  Allah memerintahkan agar kita bersatu/berjama’ah,

Allah berfirman:

….(78هو سما كم المسلمين من قبل وفي هذا(الحج اية

Dengan ayat ini berarti Allah telah memberi nama bagi jama’ah  qaum muslimin dengan nama Al-Muslimin artinya dengan nama Jama’atul Muslimin.

Rasulullah SAW pun memerintahkan kepada kita melalui hadits Hudzaifah ibnul Yaman dengan sabda beliau:

 تلزم جماعة السلمين وامامهم

(tetaplah engkau pada Jama’atul Muslimin dan imaam mereka, (Hadts Riwayat Bukhari , Muslim dan Ibnu Maajah).

Dengan istilah lain Rasulullah SAW memberi solusi dengan sabda beliau :

ثم تكون خلافة على منهاج النبوة )رواه احمد وابيهقي(

(kemudian  fase ke 5, kalian akan dipimpin  oleh khilafah yg mengikuti jejak kenabian.. Dengan hadits ini Rasulullah SAW memberi solusi dengan khilafah ‘ala manhajin  nubuwah.

Jama’atul Muslimin dan Khilafah ‘ala Manhajin Nubuwah

Adalah sama, kedunya identik, sebab kata Khalifah, Imaam, Amirul Mu’minin dan Ulil Amri minkum adalah sama, seperti Abu Bakar Khalifah, Umar dan Utsman Amiirul Mu’minin, sedangkan ‘Ali bin Abi Thalib adalah imaam .

V.Renungan dan Perbandingan

  • Jika kita kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah secara kaaffah,dan mengikuti contoh Rasulullah SAW, maka kita akan dapat membedakan, antara Harakah atau Jama’ah yang lebih dekat dengan dalil, ataupun yang jauh dari dalil.

Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

  • Jika kita catat dan kita bentangkan sederet nama dari Jama’ah yang ada, seperti : Jama’ah Muttaqin, Jama’ah Mu’minin, Jama’ah Ansharullah, Jama’atul muslimin, dan lain lain sebagainya, manakah yang lebih dekat dengan dalil-dalil diatas tadi?  Mana pula nama nama itu yang sesuai dengan nama yang diberikan Allah SWT dan Rasulullah SAW?
  • Kalau kita jujur,ikhlash rendah hati, tidak egois, tidak ambisius dan tidak merasa benar sendiri, kita akan berkata bahwa “JAMA’ATUL MUSLIMIN” lah nama yg diberikan Allah untuk seluruh qaum
  • Jama’atul muslimin telah mengadakan musyawarah ahlul hilli wal ‘aqdi sebanyak dua kali pada tahun 1956.
  • Jama’atul muslimin telah mengadakan survey ke negeri-negeri seluruh dunia yang berpenduduk muslim selama lebih kurang11 tahun, untuk mengecek, apakah di negara muslim lainnya tersebut sudah ada Jama’atul muslimin, yang lebih dahulu, kalau sudah ada kita siap bergabung dengan Jama’atul muslimin dimana saja ia berada .
  • Jama’atul Muslimin telah mengadakan musyawarah tingkat puncak seluruh Indonesia yang diselenggarakan di JAKARTA pada tahun 1974 M, yang hasil musyawarah menetapkan bahwa Jama’ah Muslimin (Hizbullah) adalah satu-satu nya wadah bagi qaum Muslimin
  • Jama’atul Muslimin (Hizbullah) telah menyelenggarakan Konfrensi Internasinal di Bandung Indonesia tahun 2012 yang dihadiri oleh 15 negara.

VI.Kesimpulan

Berdasarkan dalil-dalil dari  Al-Qur’an dan Sunnah tersebut diatas maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut :

  • Jika kita menjadikan Al-Qur’an dan Sunnah sebagai pedoman dan petunjuk maka satu satunya solusi dari perpecahan qaum Muslimin adalah bersatu dengan wadah yang telah disyari’atkan  Allah yaitu Jam’atul Muslimin (Hizbullah) adalah satu satunya wadah bagi seluruh qaum Muslimin .
  • Nama-nama selain Jama’atul muslimin dan Khilafah ‘ala Manhajin Nubuwah tidak diperintahkan Allah untuk dijadikan nama.
  • Jama’ah-jama’ah yang merasa atau menganggap sama saja Jama’atul Muslimin dengan jama’ah-jama’ah lainnya berarti dia  tidak mencermati sungguh-sungguh apa yang telah Allah syari’atkan.
  • Karena hal-hal tersebut maka diserukan kepada seluruh qaum muslimin, agar dengan ikhlash bergabung dengan Jama’ah Muslimin (hizbullah) dan kita akan sama-sama bermujahadah dijalan Allah untuk kejayaan Islam dan Muslimin, untuk membebaskan Masjidil Al-Aqsha, dan memimpin peradaban dunia, agar manusia dapat meni’mati rahmatnya tamaddun Islam, dalam ridla Allah subhanahu wata’aalaa, aamiin.

Akhirnya marilah kita bermunajat kepada Allah, semoga doa kita di ijabah-Nya.

الحمد لله حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده,يا ربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك  الكريم وعظيم سلطانك.

اللهم منزل الكتاب ومجري السحاب وهازم الاحزاب اللهم اهزمهم وانصرنا عليهم.

Ya Allah yang menurunkan kitab (Al-Quran) dan yang menggiring /mengendalikan awan dan yang mengalahkan sekutu musuh, Ya Allah kalahkanlah mereka dan tolonglah kami mengatasi mereka.

اللهم منزل الكتاب,سريع الحساب اهزمهم الاحزاب اللهم اهزمهم وزلزلهم.

Ya Allah yang menurunkan kitab Al-Quran dan yang maha cepat perhitungannya, kalahkanlah sekutu musuh, Ya Allah kalahkanlah mereka dan goncangkanlah mereka.

اللهم انت عضدنا وناصرنا بك نحول وبك نصاول وبك نقاتل.

Ya Allah Engkaulah penguat kami dan penolong kami, dengan Engkau kami bertahan dan dengan Engkau pula kami menyerang serta dengan Engkau pula kami berperang.

اللهم انت ربنا وربهم وقلوبهم وقلوبنا بيدك وانما يغلبهم انت يا مالك يوم الدين,اياك نعبد واياك نستعين.

Ya Allah Engkaulah Robb Kami dan Robb Mereka dan hati mereka dan juga hati kami di Tangan-Mu, dan sesungguhnya hanyalah yang mengalahkan mereka adalah Engkau, Wahai yang menguasai hari pembalasan, kepada Engkaulah kami beribadah dan kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

لااله الا الله العظيم الحليم,لااله الا الله رب العرش العظيم,لا اله الا الله رب السموات ورب العرش الكريم, لااله الا انت عز جارك وجل ثنائك,حسبنا الله ونعم الوكيل,نعم المولى ونعم النصيرلا حول ولا قوة الا بالله

اعتصمنا بالله واستعنا بالله وتوكلنا على الله,حصنتنا كلنا اجمعين,بالحي القيوم الذي لايموت ابدا,ودفعت عنا السوء بلا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم.

Tidak ada Ilaah kecuali Allah yang maha Agung, maha Lembut, Tidak ada Ilaah kecuali Allah pemilik ‘Arsy yang Agung, Tidak ada Ilaah kecuali Allah pemilik ‘Arsy yang Mulia, Tidak ada Ilaah selain Engkau, Maha perkasa pertolongan-Mu dan Maha Mulia sanjungan untuk-Mu, cukup bagi kami Allah dan sebaik-baik tempat berserah diri dan sebaik-baik pelindung dan pemberi pertolongan, tidak daya dan upaya kecuali dengan pemberian dan pertolongan Allah. Kami berpegang teguh dengan Allah dan kami bertawaqal kepada Allah, Engkaulah yang memelihara kami seluruhnya, dengan Dzat yang maha hidup, maha tegak berdiri sendiri, tidak mati selama-lamanya, dan Engkau telah menolak kejahatan dari kami dengan tiada daya dan upaya kecuali dengan pemberian dan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

يا قديم الاحسان,يا من احسانه فوق كل احسان,يا مالك الدنيا ولاخرة يا حي يا قيوم يا ذالجلال ولاكرام.

يا من لا يعجزه شيئ ولا يتعاظمه,انصرنا على اعدائنا هؤلاء وغيرهم واظهرنا عليهم فى عافية وسلامة تامة عاجلة.

Wahai Dzat yang Maha dahulu kebaikannya, Wahai Dzat yang kebaikannya diatas segala kebaikan, Wahai yang menguasai / memiliki Dunia dan Akhirat, Wahai Dzat yang maha hidup yang tegak berdiri sendiri, Wahai yang mempunyai kemuliaan, Wahai Dzat yang tidak dilemahkan/dikalahkan oleh sesuatu apapun, dan tidak memandang besar/agung sesuatu itu, tolonglah kami atas mereka yang memusuhi kami dan yang lainnya, dan menangkanlah kami atas mereka, dan keselamatan secara umum dengan segera.

اللهم احي المسلمين وامامهم فى جماعة المسلمين (حزب الله)حياة كاملة طيبة,وارزقهم قوة غالبة على كل باطل وظالم وفاحش وسوء ومنكر.

Ya Allah hidupkanlah / jayakanlah Muslimin dan Imaam mereka di dalam Jama’ah Muslimin (Hizbullah), dengan kejayaan yang sempurna dan baik, dan berilah mereka (Jama’ah Muslimin/Hizbullah) kekuatan yang dapat mengalahkan atas setiap kebatilan, kedholiman, kekejian, kejahatan dan kemungkaran.

اللهم انصر مجاهدين فى فلسطين,اللهم انج الؤمنين والمؤمنات فى بلاد  فلسطين خاصة وفى بلدان المسلمنين عامة,اللهم اهزمهم وزلزلهم وشتت شملهم وفرق جمعهم ومزق حزبهم.

Ya Allah tolonglah para Mujahid Falestina, Ya Allah selamatkanlah Mu’minin dan Mu’minat di Falestina khususnya dan pada negeri-negeri Muslimin umumnya, Ya Allah kalahkanlah mereka dan goncangkan dan cerai beraikan kesatuan mereka dan pecah belahkanlah perkumpulan mereka dan robeklah persekutuan mereka.

ربنا تقبل منا انك انت السميع العليم,وتب علينا انك انت التواب الرحيم,وسبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين. (T/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA

Comments: 0