KOMISI VIII DPR RI: KEKERASAN TERHADAP ANAK MASALAH SERIUS

Kekerasan terhadap anak. (Ilustrasi)
Kekerasan terhadap anak. (Ilustrasi)

Jakarta, 8 Dzulhijjah 1436/22 September 2015 (MINA) – Anggota Komisi VIII DPR RI Itet Tridjajati Sumarijanto, mengkhawatirkan masalah perlindungan kepada anak. Dia melihat kasus-kasus kekerasan yang menimpa anak-anak sekarang ini sudah mejadi masalah yang serius.

“Masalah perlindungan anak, merupakan masalah yang serius. Saya mengkhawatirkan masa depan anak-anak Indonesia. Kalau anak-anak seperti ini, masa depan bangsa ini bagaimana?” ungkap Itet, saat rapat dengar pendapat membahas Perlindungan Anak, Komisi VIII dengan Komnas Perlindungan Anak dan ASEAN Commission on the Promotion and Rotection of the Rights of Women and Children (ACWC), Senin (21/9), di Gedung DPR RI, demikian siaran pers DPR RI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Politisi dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) ini memandang kasus-kasus kekerasan yang menimpa anak-anak, maka kelembagaan yang menangani perlindungan terhadap anak harus diperkuat.

“Karena itu kelembagaan perlindungan terhadap anak harus diperkuat, sehingga ada komitmen dari politik anggaran dalam hal perlindungan anak,” kata Itet.

Selain itu, dia juga menginginkan adanya kajian pencegahan kekerasan terhadap anak. Dan adanya pemetaan dari jenis kasus termasuk jumlahnya, sehingga dapat diketahui penanganan pencegahan maupun diketahui penyebabnya.

“Dasar untuk mencari solusi dan membuat keputusan yang tepat dalam pencegahannya adalah melalui pendataan. Selain itu, dunia pendidikan juga diharapkan dapat ikut mencegah timbulnya kekerasan terhadap anak,”tegasnya. (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Bahron Ansori

Comments: 0