Mantan PM Portugal Terpilih Jadi Sekjen PBB Baru

, 13 Muharram 1438/14 Oktober 2016 (MINA) – Majelis Umum pada Kamis (13/10) memilih secara aklamasi mantan Perdana Menteri Portugal António Guterres sebagai Sekjen PBB untuk periode 2017-2021.

Guterres (67) pernah memimpin Portugal pada 1995-2002, dan menjabat Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi pada Juni 2005 sampai Desember 2015.

Sebanyak 193 negara anggota PBB memilih Guterres untuk menggantikan pejabat lama asal Korea Selatan Ban Ki-moon, demikian rilis yang dikeluarkan PBB dalam laman resminya.

Resolusi ini dibacakan oleh Presiden Majelis PBB Peter Thompson, dalam sidang di Markas PBB di New York, Amerika Serikat, Kamis (13/10/2016).

Thompson mengatakan, seluruh negara anggota PBB menginginkan Guterres. Saat dia mengetukkan palunya, seluruh diplomat yang memadati ruangan pun bertepuk tangan.

Baca Juga:  Polisi Bubarkan Paksa Protes Pro-Palestina di Universitas Paris

Dalam pidatonya, Gutteres menggarisbawahi kinerjanya untuk warga yang menderita, khususnya para pengungsi dan orang-orang di daerah konflik, dan kesetaraan gender akan tetap jadi prioritas utama baginya selama masa jabatannya.

Seperti dilansir Independent, peran Guterres terlihat ketika ia mengatasi krisis pengungsi di dunia termasuk pengungsi dari Suriah. Ia sebelumnya menjabat sebagai Komisioner Tinggi PBB untuk HAM. Masalah pengungsi Suriah hingga saat ini jadi agenda utama PBB.

Guterres meminta negara-negara Barat berperan lebih besar dalam membantu para pengungsi. “Saya juga akan mencari solusi bagi rakyat Suriah yang membuat saya patah hati saat melihat penderitaannya,” katanya, Jumat (14/10).

PBB kehilangan citra baiknya sejak tidak mampu menyelesaikan konflik Suriah yang mematikan. Dalam lima tahun setidaknya 340 ribu jiwa melayang serta nasib para pengungsi yang menghindari perang dan mencari suaka di negara lain. Di negara Eropa merebaknya pengungsi menjadi masalah tersendiri bagi negara tertentu.(T/R04/R05)

Baca Juga:  1.908 Ton Bantuan Kemanusiaan Türkiye, Qatar Berlayar ke Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.