Musim Dingin, Masjid di Brimingham Bagikan Paket Makanan dan jadi Tempat Berlindung Tunawisma

Brimingham, MINA – Dengan meningkatnya tagihan energi, bulan-bulan musim dingin telah menjadi tantangan bagi banyak keluarga yang terpaksa memilih antara mendapatkan makanan atau kehangatan.

Dikutip dari AboutIslam, untuk membantu keluarga bertahan di musim dingin, dua masjid lokal di Birmingham membantu keluarga rentan dengan membagikan 1.000 paket makanan kepada yang membutuhkan.

Keluarga rentan menerima parsel pada 21-22 Januari dari layanan amal yang dijalankan oleh Masjid Al Falaah di Handsworth dan Masjid Green Lane di Small Heath.

“Sungguh menyedihkan melihat kemiskinan di depan pintu Anda, tetapi kami memiliki kelebihan untuk dapat mendukung,” Muhammad Ali, dari Masjid Green Lane, mengatakan kepada I am Birmingham.

Ali mencatat dampak dari kenaikan tagihan energi adalah salah satu faktor utama yang memaksa orang untuk mencari bantuan, menambahkan bahwa selama 15 bulan terakhir telah terjadi peningkatan 60% dalam jumlah orang yang menggunakan layanan bank makanan yang ditawarkan oleh Masjid.

Upaya masjid telah disambut oleh banyak pengguna yang mengatakan mereka berjuang untuk memenuhi kebutuhan.

“Saya seorang janda, dengan tiga anak, dan kami tinggal di Small Heath. Musim dingin ini sangat berat bagi kami,” kata seorang pengguna layanan di Masjid Green Lane, yang tidak ingin disebutkan namanya.

“Ini perjuangan besar untuk membayar tagihan gas dan listrik. Hampir tidak ada sisa uang untuk makan. Tanpa bantuan Masjid Green Lane, saya harus mematikan pemanas dan menggunakan uangnya untuk membeli bahan makanan,” ujarnya.

“Saya hanya ingin berterima kasih kepada staf di bank makanan. Mereka tidak pernah menghakimi Anda. Orang-orang di Masjid Green Lane ramah dan baik, dan bahkan akan mengobrol dengan Anda untuk membuat Anda merasa nyaman. Mereka benar-benar membuat merasa seperti Anda adalah bagian dari komunitas. Itu memberi saya kekuatan,”katanya.

biasanya memimpin upaya serupa untuk membantu para tunawisma selama musim dingin.

Pada Januari 2021, beberapa organisasi Muslim di Birmingham memulai inisiatif “Masjid Kami dengan Tunawisma” untuk membantu para tunawisma. Kelompok-kelompok itu termasuk Al-Suffa Institute dan Great Barr Muslim Foundation.

Masjid yang berbeda juga menyambut para tunawisma ke tempat penampungan mereka selama musim dingin. Misalnya, Masjid Jalur Hijau dan Pusat Komunitas (GLMCC) di Birmingham, membuka pintunya untuk menampung tunawisma tahun lalu. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.