Palestina Puji Kesiapan Eropa untuk Mengakui Negara Palestina Merdeka 

Bendera Palestina dikibarkan di komplek Masjid Al-Aqsa (Sumber: Anadolu Agency)
Bendera Palestina dikibarkan di komplek Masjid Al-Aqsa (Sumber: Anadolu Agency)

Ramallah, MINA – Kementerian Luar Negeri pada Senin (25/3) menyambut baik kesiapan beberapa negara untuk mengakui .

Sebelumnya pada Jumat, para pemimpin Spanyol, Irlandia, Slovenia dan Malta mengatakan bahwa mereka siap untuk mengakui negara Palestina sebagai “satu-satunya cara untuk mencapai perdamaian dan keamanan di wilayah yang dilanda perang,” seperti dilansir Anadolu Agency.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan di sela-sela pertemuan puncak di Brussel yang membahas kesiapan mereka untuk mengakui Palestina, keempat pemimpin sepakat siap untuk melakukannya bila mereka dapat memberikan kontribusi positif dan keadaannya tepat.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut pernyataan bersama empat negara Eropa itu sebagai “langkah ke arah yang benar.”

Baca Juga:  PBB Tuduh Israel Tolak Akses Bantuan ke Gaza

“Pengakuan atas negara Palestina merupakan kebutuhan strategis untuk melindungi solusi dua negara dan mencapai perdamaian,” tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Laporan tersebut mendesak negara-negara yang mendukung selama puluhan tahun di tanah Palestina untuk membalikkan posisi mereka “untuk berdiri di sisi kanan sejarah dan berpihak pada hukum internasional dan hukum kemanusiaan internasional.”

Selama bertahun-tahun, Otoritas Palestina telah meminta Eropa dan Serikat untuk mengakui negara Palestina di tengah gagalnya perundingan damai antara Palestina dan Israel. (T/R5/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.