PAMERAN MADINAH AKAN TAMPILKAN MANUSKRIP BERUSIA 500 TAHUN

Manuskrip berusia 500 tahun akan ditampilkan di Pameran Madinah.(Foto: IINA News)
berusia 500 tahun akan ditampilkan di Pameran .(Foto: IINA News)

Riyadh,  17 Dzulhijjah 1436/1 September 2015 (MINA) – Lembaga Penelitian dan Arsip Raja Abdul Aziz pekan depan akan menampilkan manuskrip miniatur berusia 500 tahun, yang dianggap sebagai salah satu dokumen tertua dimiliki lembaga, Arab News melaporkan.

Miniatur, sebuah lukisan dekoratif pada naskah, akan ditampilkan di sebuah pameran di Kota Madinah dengan tema “Pameran Manuskrip Al-Madinah”, bersama dengan banyak dokumen-dokumen lokal, Utsmani, dan asing lainnya tentang kota suci.

Pameran yang akan dibuka 6 September mendatang tersebut digelar lembaga bekerjasama dengan Otorita Pengembangan Madinah, demikian IINA News melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Pameran itu akan memiliki sejumlah dokumen langka bersejarah tentang Madinah, mereka akan ditampilkan untuk pertama kalinya bagi para peneliti maupun pengunjung. Dua belas perpustakaan dari berbagai negara akan berpartisipasi dalam pameran dengan dukungan Saudi Aramco.

Pada acara tersebut, lembaga akan menyoroti pembangunan Madinah selama berabad-abad serta fokus pada salah satu perpustakaan paling kaya era Al-Saud.

Pameran itu juga akan fokus pada naskah awal Islam, ayat-ayat Al-Qur’an pada berbagai item seperti daun, batu dan tulang. Hal ini juga akan menyoroti kompilasi akhir Al-Qur’an pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan.

Selanjutnya, koleksi ucapan dan tradisi Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam akan memperkaya pengalaman pengunjung.(T/R05/R02)

Baca Juga:  Menlu Iran-Mesir Bertemu di Gambia Bahas Gaza

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0