Perempuan ICMI Siapkan Wisma SAMARA Untuk Korban KDRT

Jakarta, MINA – Karena prihatin atas meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di , Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia () melalui ICMI meluncurkan program unggulan advokasi dan konsultasi korban KDRT dengan menyiapkan rumah singgah bagi mereka di desa Kuta Mega Mendung, Puncak, Bogor.

“Alhamdulillah, kami bersyukur karena pada 18 Februari 2024 lalu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perempuan ICMI telah meluncurkan salah satu Program Unggulan Qoryah Thoyibah atau ICMI Bina Desa sekaligus meresmikan Wisma SAMARA sebagai rumah singgah bagi para korban KDRT,” ujar Welya Safitri dalam keterangan, di Jakarta, pada Kamis (22/2).

Wisma SAMARA adalah program untuk memberikan pembelaan dari sisi hukum dan rehabilitasi mental bagi korban-korban KDRT dengan menyediakan rumah singgah yang dijamin keamanan dan kenyamannya, ditambahkan Welya.

Baca Juga:  Delegasi Hamas ke Doha setelah Perundingan di Mesir Berakhir

“Insyaa Allah dalam waktu dekat, langkah kongkritnya DPP Perempuan ICMI akan melakukan kesepakatan kerjasama (MoU) dengan Kementerian Agama RI, melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam. Selain itu,kita juga menggandeng pihak kepolisian serta Komnas Perempuan untuk suksesnya program WISMA SAMARA,” kata Welya.

Menurut Welya, dengan adanya rumah singgah dan bantuan advokasi hukum dan konseling psikologis, para korban KDRT baik kaum perempuan, anak-anak, para Asisten Rumah Tangga (ART), bahkan kaum Lansia yang tinggal di rumah itu tidak perlu takut lagi dengan ancaman ataupun ketakutan yang bersifat traumatis akibat KDRT.

“Kita akan lakukan pendampingan bagi mereka hingga masalahnya tuntas, dan sementara itu mereka bisa ditampung di Wisma SAMARA ini untuk mendapatkan ketenangan dan rehabilitasi mental dari traumanya (Trauma Healing) hingga proses hukumnya akan diselesaikan dengan baik,” ujar Welya.

Baca Juga:  UNRWA Prihatin Potensi Serangan Israel di Rafah

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dosen Senior Universitas Djuanda Bogor dan anggota Dewan Pakar ICMI, Apendi Arsyad, bersama Direktur LBH ICMI, Yulianto Syahyu sebagai narasumber dalam kegiatan.

“Alhamdulillah wasyukurillah, saya diundang oleh DPP Perempuan ICMI untuk berbicara soal penguatan keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah (Samarah). Saya mengapresiasinya, karena sejalan dengan Visi, misi dan agenda program 5 K ICMI yaitu kegiatan-kegiatan organisasi ICMI dalam upaya peningkatan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT, kualitas pikir-riset-konsepsi, karya-inovasi, hidup-income keluarga yang tinggi, dan kualitas keluarga Samarah,” kata Apendi Arsyad.

ICMI akan selalu hadir untuk memberikan solusi dan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia. ICMI yang berlandaskan ke-Islaman dan ke-Indonesiaan berbasis kecendekiaan akan selalu berperan aktif mendorong kebaikan untuk bangsa dan negara.* (IS)

Baca Juga:  Presiden Jokowi Resmikan Program Pendidikan Dokter Spesialis

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Media Center ICMI di WA 0813 180 100 26 (Imam Santoso) atau email ke [email protected] dan jangan lupa untuk mengakses website kami di www.icmi.id. (R/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.