RAMADHAN WAKTU IDEAL BERHENTI MEROKOK

BERHENTI MEROKORiyadh, 9 Ramadhan 1435/7 Juli 2014 (MINA) – Bulan suci Ramadhan adalah waktu terbaik bagi umat Islam untuk berhenti dari kebiasaan merokok, kata seorang pejabat senior Departemen Kesehatan Kerajaan Arab Saudi.

Ali Alwadey, Direktur Jenderal Pengendalian Tembakau Program kementerian mengatakan, ada 54 klinik anti-merokok, yang juga meliputi 10 klinik berjalan, di seluruh Kerajaan Arab Saudi untuk membantu perokok, seperti dilaporkan Arab News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Alwadey kata Ramadan telah menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perokok untuk berhenti, karena mereka menjauhkan diri dari rokok sejak fajar sampai senja. Itu tidak akan sulit bagi perokok untuk terus menjauhkan diri dari rokok di malam hari mulai saat buka puasa hingga sahur.

Menekankan sisi spiritual dari bulan suci, pejabat itu mengatakan: “Tangan yang menyentuh Al-Qur’an selama satu bulan, pasti harus menolak untuk menyentuh tembakau”.

Dia mengungkapkan klinik buka setiap hari mulai pukul 21:00-03:00 waktu setempat selama bulan Ramadhan. Ada 10 klinik di Riyadh, dan satu khusus untuk perempuan.

Baca Juga:  Militer Yaman Targetkan Tiga Kapal, Satu Milik AS

“Klinik keliling kami siap datang ke depan pintu Anda untuk membantu perokok,” katanya.

Menurutnya, unitnya telah menyelenggarakan beberapa program pada direktorat kesehatan daerah untuk memerangi merokok. Program-program ini menyoroti bahaya merokok dan Islam perintah tentang hal itu.

“Kami juga menjangkau kelompok sasaran kami melalui saluran media sosial untuk menjangkau sebanyak mungkin orang seperti yang kita dapat di Kerajaan,” katanya.

Unitnya juga bekerja sama dengan Komite Nasional Penanggulangan Obat untuk membantu orang menghentikan kebiasaan itu.

Kerajaan Arab Saudi telah menandatangani Perjanjian Anti-Tembakau Dunia pada Mei 2005. Arab Saudi menempati urutan keempat di dunia dalam hal impor tembakau dan konsumsi.

Warga negara Saudi dalam setahun merokok lebih dari 15 miliar batang, senilai $ 168 juta, menurut Gulf Cooperation Council Menteri Kesehatan Dewan.

Baca Juga:  Militer Yaman Targetkan Tiga Kapal, Satu Milik AS

Kerajaan mengkonsumsi lebih dari 40.000 ton produk tembakau atau senilai hampir SR12 miliar ($ 3200000000) tahunan, demikian menurut sebuah studi oleh Khair Anti-Merokok Association, sebuah perusahaan swasta yang berbasis di Makkah.

Menurut Alwadey, Kementerian kesehatan Saudi, bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Center Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang berbasis di Atlanta, akan meluncurkan survei Kerajaan secara menyeluruh pada perokok dewasa.

Penelitian itu akan dilakukan di antara 8.000 keluarga yang tinggal di Kerajaan lebih dari delapan bulan.

“Survei ini akan membantu pemerintah merencanakan program masa depan untuk memerangi merokok dan akan mencakup semua kelompok usia dan orang-orang dari semua lapisan masyarakat,” katanya.

Sementara menurut Jamal Abdullah Basahi, kepala penelitian dan departemen legislasi unit tembakau kementerian, bahwa sekitar 19 persen warga Saudi adalah perokok.

Basahi mengatakan sekitar 14 persen siswa berusia antara 13 dan 15 tahun adalah perokok (9 persen pria dan 5 persen siswa perempuan).

Baca Juga:  Militer Yaman Targetkan Tiga Kapal, Satu Milik AS

Pejabat itu juga mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah pemuda yang merokok shisha dan mengunyah tembakau.

“Kami telah membuat program khusus untuk membantu kaum muda ini dari kecanduan merokok,” kata Basahi.

WHO telah menyerukan untuk tindakan lebih lanjut, memperingatkan bahwa penggunaan tembakau bisa membunuh satu miliar orang atau lebih selama abad ke-21 “kecuali segera ada tindakan yang diambil.” Kanker paru-paru telah membunuh satu orang setiap 15 menit.

“Jika kecenderungan ini terus berlanjut, pada tahun 2030, tembakau akan membunuh lebih dari 8 juta orang di seluruh dunia setiap tahun, dengan 80 persen dari kematian prematur yang terjadi antara orang yang hidup di negara berpenghasilan rendah dan menengah,” kata WHO.

Ini menunjukkan bahwa tembakau tetap menjadi penyebab terbesar kematian di seluruh dunia, karena membunuh hampir 6 juta orang dan biaya ratusan miliar dolar dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan ekonomi setiap tahun. (T/P07/R2)

Mi;raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor:

Comments: 0