Mendikbud: Pengangkatan Guru Honorer Selesai Tahun 2023

Sukabumi, MINA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pengangkatan honorer akan selesai tahun 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan Mendikbud saat menanggapi keluhan Bupati Sukabumi Marwan Hamami terkait kurangnya guru Pegawai Sipil Negara (PNS) dalam acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Cisaat, Sukabumi, Jumat (22/3).

“Pengangkatan guru akan terus dilakukan, terutama untuk guru honorer. Target kami, insya Allah sampai 2023 akan selesai,” katanya.

Ia menjelaskan, akhir tahun 2018 pemerintah telah melalukan guru sebanyak 117 ribu, namun yang 90 ribu untuk guru sekolah sementara 80 ribu untuk guru madrasah di bawah Kementerian Agama.

“Tahun 2019 bulan Februari kemarin, kita sudah merekrut lagi melalui jalur PPPK, khusus untuk K2. Sekarang ini sudah ada pengumuman ada 75 ribu yang bisa mengikuti tes, sementara target target kita 155 ribu,” ujarnya.

Tingginya jumlah kekurangan guru di Indonesia, Kemendikbud akan terus melakukan pengrekrutan guru guna meningkatkan kualitas pendidikan.

“Karena itu, kita usahakan akhir tahun ini juga ada pengrekrutan 9 ribu guru baru melalui PPPK. Khususnya untuk guru . Berikutnya adalah guru honorer yang masa kerja di atas 15 tahun. Kemudian akan direkrut lagi yang di bawah 15 tahun sampai selesai,” tambahnya.

Ia menambahkan, terkait waktu pengrekrutan, dirinya telah mengusulkan namun belum berkoordinasi lebih lanjut dengan Kemenpan-RB. (L/R10/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.