Ribuan Orang di Istanbul Tunjukkan Solidaritas Al-Aqsha

Aksi Solidaritas (Daily Sabah)

 

Istanbul, MINA – Ribuan orang berkumpul pada Ahad (30/7/2017) di salah satu lapangan terbesar di distrik Yenikapi, Istanbul, Turki, untuk menunjukkan solidaritas terhadap orang-orang Palestina yang diperketat masuk Masjid Al-Aqsha oleh Israel baru-baru ini.

Aksi massa berkumpul di alun-alun yang terletak di tepi Laut Marmara, membawa bendera Palestina dan Turki sambil meneriakkan slogan-slogan untuk mendukung perlawanan orang-orang Palestina.

Aksi tersebut diselenggarakan bersama oleh Yayasan Hak Asasi Manusia dan Kebebasan dan Bantuan Kemanusiaan (IHH), Konfederasi Serikat Pekerja Umum (Memor Sen) dan Partai Saadet sayap kanan, bersama dengan kelompok dan LSM lainnya.

Israel memicu kemarahan di Tepi Barat setelah memasang detektor logam dan kamera keamanan di kompleks Masjid Al-Aqsha setelah serangan 14 Juli.

Langkah tersebut memicu protes di seluruh dunia Muslim karena orang-orang Palestina dihadang memasuki masjid, hingga terpaksa shalat di jalanan yang mengelilingi kompleks Al-Aqsha.

Protes dan kerusuhan mematikan meletus pada hari-hari setelah detektor tersebut dipasang, dengan pecahnya bentrokan berdarah di sekitar kompleks di Kota Tua Al-Quds, di Tepi Barat yang diduduki dan di Jalur Gaza.

Tujuh warga Palestina dilaporkan terbunuh akibat bentrokan tersebut.

Pemerintah Israel melepas detektor pada Selasa, dan juga mencabut kamera pengintai.

Langkah tersebut disambut secara luas di seluruh dunia saat warga Palestina mengadakan perayaan di sekitar Al-Aqsha.

(T/RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.