Rusia Abaikan Ancaman Arab Saudi Atas Kesepakatan Militer dengan Qatar

Moskow, MINA – akan tetap memasok dengan sistem rudal anti-pesawat, mengabaikan ancaman yang akan mengambil tindakan militer atas kesepakatan itu, kantor berita nasional Sputnik melaporkan.

Harian Perancis Le Monde melaporkan pada Sabtu (2/6), Raja Arab Saudi telah memperingatkan bahwa dia mungkin menggunakan kekuatan untuk mencegah Qatar memperoleh .

“Rusia memiliki kepentingannya sendiri, memasok S-400 ke Qatar dan mendapatkan uang untuk anggaran negara. Posisi Arab Saudi tidak ada hubungannya dengan itu, rencana Rusia tidak akan berubah,” kata anggota parlemen Rusia Aleksei setelah pemberitaan Le Monde, demikian The New Arab melaporkan.

“Jelas bahwa Riyadh memainkan peran dominan di kawasan itu, tetapi Qatar mendapat keuntungan dengan meningkatnya kemampuan Angkatan Bersenjatanya dengan  sistem S-400 Rusia. Oleh karena itu, ketidaksuka-an Arab Saudi dapat dimengerti,” tambahnya.

Raja Salman dilaporkan mengirim surat kepada Presiden Perancis Emmanuel Macron yang memperingatkan bahwa Riyadh dapat menggunakan kekuatan untuk mencegah Qatar mengakuisisi sistem rudal anti-pesawat.

Dalam surat itu, Salman menyatakan “keprihatinannya yang mendalam” tentang penjualan sistem rudal anti-pesawat Rusia dan Raja meminta Presiden Perancis untuk campur tangan mencegah. (T/RI-1/RS1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0