SD Al-Qur’an Amirul Mukminin Menjadi Sekolah Lab UNTIRTA

Serang, MINA – Yayasan Pesantren Madinatul Ma’arif Ragas, Banten, bersama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa () Serang, Banten melakukan kerja sama menjadikan SD Al-Qur’an Amirul Mukminin sebagai sekolah laboratorium UNTIRTA.

Dr. , pendiri SD Al Qur’an Amirul Mukminin mengatakan kepada MINA, Rabu (15/6).

Dia mengatakan, hal ini selaras dengan visi SD Al-Qur’an Amirul Mukminin , yaitu mendidik santri cerdas, tangguh, dan berakhlak mulia.

“Kami ingin anak-anak didik sanggup mengamalkan ilmu dan memanfaatkan teknologi untuk membangun peradaban bangsa sesuai dengan nilai nilai agama Islam dan norma Pancasila,” ujarnya.

Upaya kerja sama itu terselenggara bertepatan dengan Haul ke-8 Almarhum Haji Ma’ruf bin Saluri bin Sayuthi yang dilaksanakan di Masjid Al Yaqien SD Al Qur’an Amirul Mukminin Ragas , Margasari, Pulo Ampel ,Kabupaten Serang, Banten, Senin (13/6).

Hadir dalam acara, mewakili Rektor UNTIRTA, Wakil Rektor II Bidang Keuangan H. Kurnia Nugraha, ST,MT.

Dalam sambutannya, Kurnia Nugraha mengapresiasi prestasi akademik santri SD Al Qur’an Amirul Mukminin dalam bidang keagamaan dan berharap menjadi lokomotif pengembangan sains dan teknologi.

Untuk itu, ia menyampaikan pesan Rektor UNTIRTA yang tertarik untuk menjadikan SD Al Qur’an sebagai sekolah laboratorium.

Di antara kegiatannya adalah menjadikan SD Al-Qur’an tersebut menjadi tempat magang mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan riset bagi sivitas akademika UNTIRTA pada umumnya.

H.Muhammad Hasan, Founder Gaido Foundation yang juga anggota Dewan Pertimbangan Forum Silaturahim Pondok Pesantren () Provinsi Banten dalam acara yang sama memberikan motivasi kepada seluruh Pengurus Yayasan Pesantren Madinatul Ma’arif dan keluarga besar SD Al Qur’an Amirul Mukminin untuk terus semangat mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan berbasis masjid.

“Semangat untuk bersedekah, membangun jaringan bisnis, dan menabung, insya Allah, nanti semua bisa wisuda sambil umrah di Makkah dan berziarah ke makam Rasulullah di Madinah,” ujarnya.

Dia menenaknkan, SD Al-Qur’an Amirul Mukminin sebagai satuan pendidikan Islam berbasis masjid harus dikembangkan hingga tingkat pendidikan menengah dan tinggi, sehingga berkontribusi besar dalam menyiapkan kepemimpinan bangsa.

“Pendidikan berbasis masjid berasrama itu sesungguhnya adalah sistem Pesantren,” lanjutnya.

Hadir dalam kesempatan itu Kasepuhan Banten asal Bojonegara KH Mansur Muhyiddin, Presidium FSPP Provinsi Banten Kiyai Syamsul Maarif, Bendahara FSPP Provinsi Banten KH Bukhari Arsyad,M.Si. Ketua FSPP Kecamatan Pulo Ampel Kyai Syamsudin, Tokoh masyarakat Ustadz Haji Rafiudin, ibu-ibu Majelis Taklim Al Aminah, serta dewan guru dan orang tua santri SD Al Qur’an Amirul Mukminin.

Rangkaian acara haul dan doa dipimpin oleh Abah Haji Mansur Muhyiddin. (R/RS2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.