Sebanyak 68 Tewas dalam Operasi Anti-narkoba Bangladesh

Dhaka, MINA – Jumlah orang yang tewas dalam operasi anti- di telah meningkat menjadi 68 dalam 11 hari terakhir, setelah kematian sembilan tersangka lainnya yang menjual obat-obatan terlarang, kata para pejabat polisi, Sabtu (26/5).

Kepala penyelidikan di kantor polisi Brammonpara mengatakan, di distrik Comilla timur, dua tersangka pedagang, dengan 16 dan delapan kasus terbuka terhadap mereka, masing-masing tewas dalam bentrokan dengan polisi pada Jumat (25/5) malam, The Asian Independent melaporkan.

Lima pedagang obat bius dan pedagang kaki lima lainnya tewas dalam bentrokan dengan polisi di distrik Mymensingh, Chandpur, Thakurgaon, Pabna dan Kurigram.

Selain itu, dua orang lainnya tewas di distrik Dinajpur dan Joypurhat dalam bentrokan terpisah dengan Batalyon Aksi Cepat (), dua juru bicara dari kepolisian elit mengatakan.

Menurut RAB, 3.300 orang telah ditangkap selama operasi yang diluncurkan awal Mei dan 2.795 pengedar narkoba dan pengguna telah diberikan denda atau hukuman penjara dalam persidangan di pengadilan bergerak.

Pada tanggal 3 Mei, Perdana Menteri Sheikh Hasina telah meluncurkan kampanye anti-narkoba yang oleh para aktivis hak asasi manusia menyebut lebih agresif dibandingkan dengan perang narkoba yang diluncurkan oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Aktivis HAM di Bangladesh menyebut kampanye anti-narkoba sebagai “ilegal”.

Pasukan keamanan Bangladesh, khususnya RAB, telah berulang kali dituduh oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia lokal dan internasional melakukan pembunuhan di luar hukum dalam menangani para penjahat dan teroris.

Menurut Odhikar nirlaba, 3.060 orang tewas dalam pembunuhan di luar proses hukum oleh pasukan keamanan antara 2001 dan 30 April 2018, dengan 73 pembunuhan terjadi dalam empat bulan pertama tahun ini. (T/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0