Seorang Muslim Bosnia Berjalan Kaki ke Makkah Tunaikan Haji

Envar Beganovic berjalan kaki dari Austria ke Makkah, Saudi Arabia untuk menunaikan ibadah haji. (Foto: Anadolu)

Kirkuk, MINA – Seorang , Envar Beganovic (52), berangkat berjalan kaki untuk menunaikan ibadah haji dalam musim haji mendatang dan saat ini telah mencapai Kirkuk di Irak.

Envar Beganovic adalah seorang atlet judo yang sudah tinggal di Austria selama 28 tahun.

Ia berangkat empat bulan lalu dari Austria, terus melaju berjalan dan telah melintasi 10 negara di sepanjang jalurnya.

“Saya tidak menemui masalah selama menempuh jarak ribuan kilometer. Sebaliknya, di luar dugaan saya, saya menerima bantuan dan dukungan dari orang-orang,” katanya kepada Anadolu Agency, Sabtu (29/4).

Beganovic, telah melakukan perjalanan selama kurang lebih 160 hari (4 bulan) dan membawa bendera setiap negara yang pernah dia kunjungi.

Ia berangkat dari Wales-Austria, dan pergi berjalan melalui Slovakia, Kroasia, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Kosovo, Makedonia, Yunani, dan Türkiye.

Ia mengatakan memutuskan berangkat haji dengan berjalan kaki karena ia adalah seorang atlet, dan terbiasa berjalan jauh.

“Almarhum ibu dan bapak saya mewariskan kepada kami untuk tidak menyimpang dari agama kalian,” katanya seraya menambahkan bahwa ia telah berjalan berbulan-bulan untuk mencapai tanah suci dan tidak pernah lelah.

Haji  adalah salah satu dari lima rukun Islam. Muslim diwajibkan  melakukannya setidaknya satu kali jika mampu. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.