Turki Kirim Bantuan ke Palestina untuk Perangi Covid-19

Ramallah, MINA – Badan bantuan pemerintah Turki pada Jumat (24/4) mengirim bantuan medis ke Palestina di tengah perang melawan pandemi Covid-19, Anadolu melaporkan seperti dilansir Bernama.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) mengirimkan paket perawatan medis dan pribadi kepada pejabat kesehatan Palestina pada upacara yang diadakan di gedung Kementerian Kesehatan di Ramallah.

Bantuan menyediakan kit pengujian Covid-19, masker, pakaian khusus dan peralatan dasar lainnya kepada kementerian.

Selama upacara, Menteri Kesehatan Palestina Mai Al-Kaileh menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Turki dan orang-orang atas bantuan mereka.

Sementara itu, koordinator TIKA Palestina Ahmet Refik Cetinkaya menggarisbawahi persahabatan antara kedua negara, dengan mengatakan Turki akan selalu mendukung rakyat Palestina dalam perjuangan mereka melawan pendudukan Israel.

“Turki menerima permintaan Palestina untuk bantuan medis dan keuangan dalam perang melawan pandemi,” menurut sebuah pernyataan resmi Kamis.

Turki mengumumkan paket bantuan untuk Palestina selama pertemuan luar biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pada Rabu, OKI mengadakan pertemuan luar biasa untuk membahas langkah-langkah dalam memerangi virus.

Sejak 2006, Israel telah memberlakukan blokade di Jalur Gaza, tempat hampir dua juta orang Palestina tinggal, mengakibatkan korban suram pada ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Ada 480 kasus Covid-19 di Palestina, dengan dua pasien telah meninggal sesuai dengan data kematian resmi. (T/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)