Ulah Trump Perkuat Posisi Indonesia dalam Membela Palestina

Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri, Sunarko. (kemlu.go.id)

Jakarta, MINA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Rabu (3/12) mengancam akan menghentikan seluruh dana bantuan untuk Palestina, menuduh Ramallah ‘tidak bersedia duduk di meja perundingan’.

Kebijakan Trump yang memperburuk situasi perundingan damai Timur Tengah semakin memantapkan posisi Indonesia yang konsisten membela Palestina.

Diretur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI, Sunarko, mengatakan dukungan  dan bantuan Indonesia kepada Palestina tidak akan pernah surut dan tak berhenti karena Palestina menjadi bagian terpenting politik negeri RI.

“Palestina adalah jantung dan nafas Polugri (politik luar luar negri) Indonesia,” ujar Sunarko saat dihubungi.

Baca Juga:  Kisah Nenek 93 Tahun Berhaji Didampingi Anaknya

Ia menekankan bahwa Indonesia ada di barisan terdepan dalam menggerakkan dukungan internasional, termasuk melalui forum OKI dan di PBB.

Selain dukungan politik melalui OKI, kata dia, Indonesia juga menyerukan masyarakat internasional untuk terus meningkatkan bantuan ekonomi dan kemanusiaan bagi Palestina.

Mantan Duta Besar RI untuk Saudi itu mengungkapkan sejak 2008, Indonesia telah melaksanakan 158 program pembangunan kapasitas (capacity building) bagi 1.821 warga dan petugas Palestina. (L/R11/RS3).

Miraj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori