Warga Palestina Peringati ‘Land Day’ ke-46

Ramallah, MINA – Menandai 46 tahun Hari Tanah atau ‘’ yang bertepatan pada 30 Maret, warga melakukan aksi unjuk rasa di kota-kota yang diduduki Israel, Rabu (30/3).

Aksi itu dilakukan untuk memperingati protes 46 tahun lalu terhadap pendudukan Israel atas pengambilalihan tanah Palestina, dan tindakan brutal polisi yang menewaskan enam orang Palestina, demikian WAFA melaporkan.

Komite Tindak Lanjut Tinggi Arab yang mewakili Palestina di Israel menyerukan kepada masyarakat berpartisipasi dalam pawai yang dimulai pada Rabu (30/3) sore di kota Sakhnin, kemudian ke Arraba, dan berakhir di Deir Hanna di Israel utara, di mana pusat protes akan diadakan.

Dalam sebuah pernyataannya, Komite menegaskan, ‘Land Day’ tahun ini diperingati ketika pendudukan Israel meningkatkan agresinya terhadap tanah Arab di gurun Naqab, dengan rencana membangun 12 pemukiman bagi orang Yahudi Israel di tanah Palestina.

Pada saat yang sama, Komite tersebut menyebut, alih-alih memperluas wilayah kota-kota Arab, pendudukan Israel terus membangun permukiman Yahudi dengan mengorbankan kota-kota Arab, seperti Umm Al-Fahem, dan desa-desa sekitarnya, dengan memasukkan sebagian besar tanah untuk pemukiman bukan kota-kota Arab. (T/R6/R2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.