WHO Ingatkan Waspadai Produk Medis India Sebabkan Kematian di Gambia

Jenewa, MINA – Organisasi Kesehatan Dunia () memperingatkan waspadai produk medis dari India yang menyebabkan cedera ginjal akut hingga 66 kematian anak-anak di Gambia.

“Empat obat tersebut adalah sirup obat batuk dan pilek yang diproduksi oleh Maiden Pharmaceuticals Limited di India. WHO sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut dengan perusahaan dan otoritas  di India,” tulis WHO di akun twitternya. Dikutip dari MEMO, Kamis (6/10).

“Sementara produk yang terkontaminasi sejauh ini hanya terdeteksi di Gambia, padahal mungkin juga telah didistribusikan di luar negara Afrika Barat itu, ” tambahnya.

WHO mendesak semua negara untuk mengidentifikasi dan menghapus produk-produk ini dari peredaran untuk mencegah bahaya lebih lanjut bagi pasien.

“Hingga saat ini, pabrikan tersebut belum memberikan jaminan kepada WHO atas keamanan dan kualitas produk tersebut,” kata WHO.

Keempat produk tersebut adalah Promethazine Oral Solution, Kofexmalin Baby Cough Syrup, Makoff Baby Cough Syrup, dan Magrip N Cold Syrup. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.