Isi Akhir Tahun, Ribuan Umat Islam Hadiri Zikir Nasional di Masjid At-Tin Jakarta

Jakarta, MINA – Ribuan umat Islam Indonesia mengisi akhir tahun mereka dengan memenuhi Masjid Agung At-Tin di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, dalam rangka menghadiri Zikir Nasional Republika ke-17 pada Senin (31/12) malam.

Pantauan wartawan MINA di lokasi, jamaah Zikir Nasional Republika yang datang dari sejumlah wilayah Jabodetabek ini nampak memadati area utama Masjid At-Tin. Cuaca yang cerah membuat sebagian jamaah memilih menggelar tikar di halaman masjid.

Salah satu jamaah yang hadir, Wiwit (53) menilai, dengan adanya kegiatan zikir ini merupakan salah satu alternatif mengisi malam tahun baru dengan sesuatu yang bermanfaat. Selain juga sebagai ajang pemersatu umat Muslim.

Baca Juga:  Ketua Presidium MER-C: Persatuan Kunci Kemerdekaan Palestina

“Kami datang ke sini karena ingin bergabung dan bersatu dengan saudara-saudara kami dari tempat lain. Dan di sini, banyak memberikan manfaat bagi kami di penghujung tahun ini ketimbang kita hanya hura-hura,” katanya saat berbincang dengan MINA.

Zikir Nasional merupakan puncak acara dari Festival Republik 2018 yang sudah dimulai sejak Sabtu, 29 Desember 2018 kemarin. Festival Republika yang digelar setiap menjelang pergantian tahun ini menghadirkan sejumlah tokoh Muslim Indonesia.

Hadir di antaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, KH Muhammad Arifin Ilham, Tengku Zulkarnain, KH Kholil Nafis, Muzammil Hazballah, Kholidi Asadil Alam dan Dr. Ahmad Junaidi mewakili Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin yang urung hadir.

Baca Juga:  Kemenhub Tegur Garuda Indonesia Agar Perbaiki Layanan Haji 2024

Festival Republik 2018 kali ini mengangkat tema “Menebarkan Kebaikan, Menguatkan Kepedulian”. Tema itu diangkat karena menyadari keadaan di sejumlah wilayah Indonesia yang masih terdampak berbagai bencana alam yang silih berganti. (L/Haf/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf