Mozambik Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional Usai Topan Idai yang Mematikan

, MINA – Pemerintah Mozambik, Rabu (20/3), telah menyatakan tiga hari berkabung nasional setelah angin topan yang kuat juga banjir menewaskan lebih dari 200 orang dan meninggalkan jejak kehancuran besar-besaran melintasi perumahan di Afrika tenggara.

Cylone Idai, yang menghantam kota pelabuhan Beira di Mozambik pada hari Kamis lalu sebelum pindah ke pedalaman, membawa angin hingga 170 kilometer per jam, yang meratakan gedung-gedung dan mempertaruhkan nyawa jutaan orang dalam bahaya.

Presiden Mozambik Filipe Nyusi mengatakan dalam sebuah pernyataan di televisi pada hari Selasa bahwa topan itu telah menewaskan lebih dari 200 orang tetapi masih banyak mayat yang ditemukan.

Di negara tetangga Zimbabwe itu, penghitungan kematian resmi mencapai 98 tetapi kemungkinan akan meningkat karena ratusan masih hilang.

Lebih dari 2,6 juta orang di seluruh Afrika tenggara telah terkena dampak di salah satu bencana terkait cuaca terburuk yang tercatat di belahan bumi selatan.

“Ini adalah krisis kemanusiaan terburuk dalam sejarah baru-baru ini di Mozambik,” kata Jamie LeSueur yang memimpin upaya penyelamatan di kota Beira.

Para kru penyelamat masih berjuang untuk menjangkau para korban, sementara kelompok-kelompok bantuan mengatakan banyak orang yang selamat terjebak di daerah-daerah terpencil, dikelilingi oleh jalan-jalan yang hancur dan desa-desa yang terendam.

“Tantangan tetap dalam hal pencarian dan penyelamatan ribuan orang, termasuk anak-anak,” kata UNICEF. Diperkirakan 260.000 anak-anak berisiko di Mozambik.

Palang Merah mengatakan setidaknya 400 ribu orang kehilangan tempat tinggal di Mozambik tengah saja.

Beira, sebuah kota pantai dataran rendah berpenduduk 500 ribu orang, adalah rumah bagi pelabuhan terbesar kedua di Mozambik dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke negara-negara yang terkurung daratan di wilayah tersebut.

Media lokal melaporkan bahwa ada kekurangan pangan dan bahan bakar di Mozambik tengah karena Beira terputus melalui jalan darat.

Di Zimbabwe timur, keluarga-keluarga yang berduka bergegas untuk menguburkan mayat mereka karena topan itu telah mematikan pasokan listrik dan menghentikan kamar mayat agar tidak berfungsi.

Asosiasi Penggiling Biji-Bijian Zimbabwe mengatakan 100 truk pengangkut gandum yang ditakdirkan untuk Zimbabwe terjebak di Beira.

Uni Eropa pada Selasa mengumumkan paket bantuan darurat awal senilai $3,97 juta untuk Mozambik, Malawi, dan Zimbabwe untuk tempat penampungan darurat, kebersihan, sanitasi, dan perawatan kesehatan.(T/RS3/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Bahron Ansori

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.