JOKOWI TEKANKAN PENTINGNYA PERAN PARLEMEN ASIA-AFRIKA UNTUK KEMERDEKAAN PALESTINA

jokowi-rapat-konsultasi-dengan-dpr_20150406_163541
, Ir. . (Foto: Rendy/MINA)

, 4 Rajab 1436/23 April 2015 (MINA) – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kerjasama Parlemen - untuk kemerdekaan sebagai bagian dari cita-cita dalam mewujudkan kesejahteraan, solidaritas, dan stabilitas negara-negara Asia-Afrika.

“Parlemen sebagai representasi dari rakyat sangat penting perannya untuk mendukung penuh kemerdekaan Palestina,” kata Jokowi saat membuka Konferensi Parlemen Asia-Afrika pada Kamis (23/4) pagi di ruang rapat paripurna I, Gedung RI, , Jakarta.

Sebelumnya, Ketua DPR RI dalam pidatonya menyatakan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika mendukung penuh tercapainya kemerdekaan bagi rakyat Palestina, karena sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945.

“Pada event ini, penting bagi kita membahas masalah Palestina. Kita tahu, hingga kini Palestina masih memperjuangkan cita-cita untuk merdeka. Masalah Palestina adalah amanat pembukaan UUD 1945 yang boleh jadi menjadi satu-satunya masalah klasik terkait hak menentukan nasib sendiri yang belum terselesaikan hingga kini,” kata Ketua DPR RI Setya Novanto dalam pernyataannya.

Sebagai bentuk dukungan itu, dia menegaskan, maka dilakukan peningkatan kerja sama parlemen negara-negara Asia-Afrika guna memperkuat dukungan untuk mewujudkan kesejahteraan, kemakmuran, dan kemerdekaan bagi warga Palestina.

“Kemitraan strategis baru diharapkan menciptakan kekuatan baru termasuk untuk kemerdekaan Palestina, sebagai balas budi kita,” katanya

“Kerja sama negara-negara Asia-Afrika harus diperkuat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Setya menyatakan, Konferensi Parlemen Asia-Afrika sangat penting untuk memperkuat diplomasi pemerintahan negara-negara Asia-Afrika. “Parlemen ingin melihat perdamaian, kemakmuran, dan kemerdekaan di Asia-Afrika dengan sistem dunia yang adil,” ujarnya. (L/P011/P010/R05)

 

M’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0