Al-Fatah Ciamis, Lampung Utara, Gelar Pekan Ceria Bersama Komunitas Kampung Dongeng

Ciamis, Lampung Utara, MINA – Yayasan Shuffah Hizbullah dan Madrasah menggelar Pekan Ceria dengan mengundang Komunitas dari Lampung Tengah, pada Ahad (27/3) bertempat di halaman MTs Al-Fatah, Ciamis, Sungkai Utara, Lampung Utara.

Acara tersebut dimeriahkan oleh beberapa sekolah seperti, RA Al-Arofah Mekar Asri, RA Darul Ulum Batu Raja , SDIT Batu Raja, MIN 6 Padang Ratu, MI An-Nur Negara Ratu, MI Al-Muttaqin Batu Nangkop, SD Ciamis, TPQ Al-Mumtaz Pasar Senen dan RA IT Al-Mumtaz Sungkai Tengah.

Pekan Ceria tersebut diisi dengan beberapa agenda seperti senam kampung dongeng, ice breaking, dongeng, dan pertunjukkan sulap edukasi dari Komunitas Kampung Dongeng.

Kepala Desa Ciamis, yang diwakili Sekretaris Desa, Acep Miftahudin menyampaikan, dengan adanya acara tersebut semoga dapat memberikan keceriaan dan semangat belajar kepada anak-anak sehingga memberikan dampak positif terhadap perkembangan berfikirnya.

Baca Juga:  Bendera Palestina Berkibar di Wisuda Universitas Michigan

“Kami berharap semangat dan keceriaan ini terus berlanjut sampai pekan-pekan berikutnya, tidak hanya hari ini saja,” katanya.

Founder Kampung Dongeng Lampung Tengah, Partila Umar, S.Pd, MM, yang hadir pada acara itu kepada MINA menjelaskan, Kampung Dongeng adalah komunitas dongeng yang digagas oleh kak Awam Prakoso, selaku ketua Kampung Dongeng Indonesia bertempat di Tangerang Selatan.

“Anak-anak cenderung mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng,  bisa memberikan contoh pada anak-anak kita melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan,” katanya.

Ia menambahkan, tujuan diadakan acara itu juga untuk memberikan keceriaan kepada anak-anak Indonesia dan menanamkan pendidikan dan karakter terhadap anak sejak dini.

Baca Juga:  UNRWA Prihatin Potensi Serangan Israel di Rafah

“Dari kegiatan mendongeng, kita bisa menyelipkan ajaran norma-norma seperti sosial, agama dan sopan santun. Tidak hanya teori, tapi diajarakan secara langsung bagaimana melakukannya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Madrasah Tsanawiyah. sekaligus pembina kegiatan, Mahmud Ghozali menyampaikan, selain sebagai ajang silaturahmi dengan komunitas Kampung Dongeng, adanya acara ini juga merupakan bagian dari promosi Yayasan Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah mengingat sudah dekatnya masa penerimaan siswa baru.

“Di luar itu, kami juga berharap ini dapat menumbuhkan kreativitas dan imajinasi positif untuk anak didik, menanamkan sikap gembira dan ceria sehingga semangat belajarnya semakin tumbuh,” harapnya.

Kampung Dongeng merupakan sebuah wadah atau komunitas sosial yang secara terus menerus akan melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas dan berkarakter baik. Kampung Dongeng ini bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan, bersifat netral dan tidak berafiliasi dengan golongan, agama, atau partai politik apapun. (L/sry/R12/P1)

Baca Juga:  Arab Saudi, Maroko, dan Mesir Serukan Gencatan Senjata di Tengah Agresi Israel

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.