AS Marah atas Komentar ‘Meremehkan’ Menlu Israel terhadap Wapres. Kamala Harris

Wakil Presiden AS Kamala Harris. (Foto: go.usembassy.gov.)

Washington, D.C, – Pernyataan Menteri Luar Negeri Eli Cohen mengenai Wakil Presiden AS telah menciptakan badai diplomatik.

Pejabat AS dilaporkan marah dan Menlu Israel harus mengeluarkan klarifikasi lewat Twitter.

Perselisihan dimulai pada hari Selasa (7/6), ketika Harris mengatakan Israel membutuhkan “peradilan independen” di sebuah acara yang menandai peringatan 75 tahun berdirinya Israel. The New Arab melaporkan, Kamis (8/6).

Pemerintah sayap kanan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mendorong perombakan yudisial kontroversial yang membatasi kekuasaan Mahkamah Agung negara itu.

Cohen menanggapi dengan mengatakan Harris tidak mengetahui proposal perombakan pemerintah Israel.

“Jika Anda bertanya apa yang mengganggunya dalam reformasi, dia tidak akan dapat memberi tahu Anda bahkan satu klausul yang mengganggunya,” kata Cohen kepada wartawan saat berkunjung ke Korea Selatan.

Baca Juga:  Delegasi Media UEA Kunjungi MINA

Televisi Saluran 12 Israel melaporkan para pejabat AS menanggapi dengan marah pernyataan Cohen yang dianggap meremehkan.

AS telah berulang kali mengkritik proposal perombakan yudisial, yang menyebabkan protes besar-besaran di Tel Aviv dan kota-kota Israel lainnya.

Duta Besar AS untuk Israel Thomas Nides mengamati bahwa Harris “mengatakan hal-hal yang dikatakan pemerintah di setiap kesempatan mengenai nilai dan kebijakan bersama. Harris adalah pendukung kuat Israel”.

Cohen terpaksa mengklarifikasi pernyataannya, mengatakan, “sangat menghormati sekutu kami Amerika Serikat dan untuk Wakil Presiden Harris, seorang teman sejati Israel.”

Namun, dia menambahkan perombakan yudisial adalah “masalah internal”.

Aliansi semakin tegang sejak Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berkuasa sebagai pemimpin pemerintah sayap kanan Israel, yang telah memperluas pemukiman di Tepi Barat dan meningkatkan kekerasan terhadap warga . (T/R7/P

Baca Juga:  Turkiye Kecam Veto AS di DK PBB Halangi Pengakuan Negara Palestina 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.