Banyak Potensi Ekonomi Syariah Belum Dimaksimalkan

Festival Lampung Syariah yang digagas Bank Indonesia di Lampung, Kamis, (11/5). Photo : Hadis/MINA

Bandar Lampung, 14 Sya’ban 1438/11 Mei 2017 (MINA) – Banyak potensi dalam kehidupan sehari-hari yang belum maksimal dimanfaatkan. Demikian diungkapkan Ketua Pelaksana Festival Lampung Syariah (FLASH) 2017 Indrayana Judana kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di sela acara FLASH yang diadakan Bank Indonesia Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Kamis (11/5).

“Zakat, wakaf, ekonomi berbasis syariah ini kan bisnis berlandaskan kejujuran, akuntabel, itu adanya di prinsip syariah, tapi masyarakat kebanyakan lebih mengenal yang konvensional,” katanya.

Padahal, menurutnya, ini potensi besar yang ada di masyarakat harus terus disosialisasikan dan dikembangkan.

“Seperti fashion, makanan, obat-obatan, keuangan, kita usaha kenalkan ke masyarakat bahwa semua itu bisa dilakukan dengan berbasis syariah,” ujarnya.

Oleh karenanya, Bank Indonesia Provinsi Lampung menggelar FLASH yang berlangsung pada 8-16 mei di Mall Boemi Kedaton, Lampung.

“Tujuannya FLASH ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat terhadap ekonomi dan ,” katanya pada acara bertema “Mendorong pengembangan kegiatan kewirausahaan dan UMKM berbasis ekonomi syariah” ini.

Rangkaian acara FLASH terdiri dari Bazar, perlombaan-perlombaan, Pemilihan Entrepreneur Muda, talk show ekonomi syariah.

Indrayana juga mengatakan, selama ini BI Lampung juga membina, melatih, dan mendampingi pengusaha dan penggiat Usaha Kecil Menengah di Lampung.

“Termasuk kita bantu marketing, kita lakukan pembinaan secara kelompok supaya punya kekuatan ekonomi, kalau bersatu kita kuat,” ujarnya.

Indrayana menambahkan, BI Lampung sudah mempunyai beberapa binaan seperti petani kambing di Saburai Bandar Lampung, kain tapis Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Petani bawang merah di Tulang Bawang.

“Setelah dibina, dilatih, dan didampingi bagaimana caranya mengembangkan usaha, nantinya kelompok-kelompok ini akan kami rekomendasikan ke perbankan syariah juga pasar yang ada di Lampung,” ujarnya.

merupakan kegiatan yang digagas Bank Indonesia Provinsi Lampung bekerja sama dengan juga beberapa lembaga lain.

Pada kegiatan yang berlangsung dari tanggal 8-16 mei ini terdapat berbagai macam rangkaian acara yang bertujuan untuk lebih memasyarakatkan ekonomi dan perbankan syariah di masyarakat Lampung khususnya. (L/B01/RI-1).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.