CHINA DORONG GENCATAN SENJATA PALESTINA-ISRAEL

ilustrasi : alkhabarpress
ilustrasi : alkhabarpress

Beijing, 26 Syawwal 1435/22 Agustus 2014 (MINA) – Wakil Menteri Luar Negeri China, Xing Ming, mengatakan pada Kamis (22/8) bahwa negaranya mendorong upaya mencapai gencatan senjata Palestina-Israel di Jalur Gaza.

Ming mengatakan kepada Kantor Berita Wafa Palestina seperti dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) bahwa China menunjuk utusan baru untuk proses perdamaian Timur Tengah, dan segera tiba di wilayah tersebut.

“Israel bertanggung jawab atas eskalasi politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah dan kegagalan negosiasi gencatan senjata permanen, serta kegagalan negosiasi damai di kawasan regional dan internasional,” ujar pernyataan.

China menyeru dunia internasional untuk menghentikan serangan militer Israel ke Jalur Gaza dan membuka blokade, guna membangun kembali Gaza, yang saat ini hancur oleh agresi Israel.

Ming menggarisbawahi inisiatif Presiden Cاina Xi Jinping beberapa waktu lalu berinisiatif mencari solusi konflik Israel Palestina, sesuai ketentuan internasional yang berlaku.

Pejabat itu juga menekankan pentingnya Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk terus berperan menjaga rekonsiliasi persatuan nasional, yang dianggap sebagai pemersatu rakyat Palestina.

Ming juga menambahkan, negaranya berkoordinasi dengan semua pihak dan masyarakat internasional untuk menghentikan perang terhadap Gaza, membuka blokade dan membangunnya kembali wilayah Gaza.

Beberapa hari lalu, China juga mengirimkan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke Mesir untuk bertemu dengan pemimpin Mesir dan Sekjen Liga Arab, dan pejabat tinggi untuk membahas hal tersebut. (T/P005/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Comments: 0