Ditjen Pendis Bahas Desain Perencanaan Pembangunan IAIN Mataram

Dirjen Pendis beri arahan pada Rakor dan Review pembahasan desain perencanaan pembangunan IAIN Mataram. (foto: gpenk)

Mataram, 12 Rabiul Akhir 1438/11 Januari 2017 (MINA) – Direktorat Jenderal Islam Kementerian Agama ( ) menggelar Rapat Koordinasi sekaligus meninjau ulang rancangan  yang telah disiapkan oleh konsultan desain dan engginering (DEDC) guna membahas persiapan pembangunan sarana prasarana di IAIN Mataram.

Dirjen Pendis, Kamaruddin Amin mengatakan dalam laman resmi Kemenag yang dikutip MINA, pihaknya berharap proyek prestisius ini berjalan sebagaimana mestinya.

Menurutnya, proyek yang bersumber dari dana bantuan The Islamic Development Bank (IsDB) ini harus dijalankan secara serius dan memerlukan keterlibatan stakeholders IAIN Mataram.

Baca Juga:  Kabupaten Lampung Timur Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

“Sangat dibutuhkan saran, kritikan, masukan terhadap tata kelolanya, desain, dan lain sebagainya, agar hasil dari usaha kita bersama ini bisa maksimal, kita semua harus terlibat. Mari kita kawal dengan kacamata putih, pikiran positif, berilah masukan konstruktifk agar bisa berjalan dengan baik,” kata Kamaruddin Amin di Mataram, Selasa (10/1).

IAIN Mataram adalah satu dari empat kampus yang tergabung dalam proyek Four in One. Tiga perguruan tinggi Islam lainnya adalah UIN Walisongo Semarang, UIN Raden Fatah Palembang, dan UIN Sumatera Utara.

Setelah melalui proses panjang sejak 2013 lalu, keempat PTKN ini mendapat bantuan dari IsDB. Tahun 2017 ini, keempat kampus ini akan mulai melakukan pembangunan sarana prasaranya untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih baik, bermutu, dan berkualitas.

Baca Juga:  Komisi V DPRD Prov Lampung Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

Menurut Kasi Penjaminan Mutu Kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam, Ditjen Pendis, Mizan Syaroni, Project Manajer Four in One merupakan proyek kelanjutan bantuan IsDB kepada PTKN yang dimulai sejak 2002 lalu. Hingga kini, ada 11 PTKN di lingkungan Kemenag yang telah menerima bantuan tersebut. “Selain empat PTKN ini, juga sedang berjalan proses 6 PTKN lagi yang telah disetujui IsDB.”

Menurutnya, tahapan yang berlangsung saat ini adalah proses desain perencanaan yang diharapkan akan selesai dalam dua bulan ke depan. “Tahapan berikutnya adalah pembangunan melalui lelang yang kemungkinan besar memakan waktu enam bulan. Jadi Bulan September/Oktober bangunan sudah bisa kerjakan.”

Diperkirakan, pembangunan sarana prasarana di IAIN Mataram (dan tiga PTKN lainnya) memakan waktu 16 bulan. “Insya-Allah awal 2019, hasil pembangunan ini sudah bisa dimanfaatkan,” katanya.  (T/R09/RS1)

Baca Juga:  Komisi V DPRD Prov Lampung Dukung Pembangunan Gedung Rektorat STISA ABM

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.