Dua Santri Al-Fatah Lampung Utara Selesaikan Tasmi’ Hafalan Al-Quran 5 Juz

Ciamis, Lampung Utara, MINA – Dua santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah , Sungkai Utara, Lampung Utara telah menyelesaikan tasmi’ hafalan Al-Quran 5 Juz yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (29-30/8).

Santri yang telah menyelesaikan tasmi Al-Quran 5 Juz yaitu, Dzakiyyah Nur Afifah binti Ismail dan Nur Asiah binti Abdul Ghofur.

Pembina Tahfidz Al-Quran Muslimat Tingkat MTs Al-Fatah Ciamis, Assyifa Iyyatul Mu’minah menjelaskan, kedua santri tersebut dapat menyelesaikan hafalan 5 juz saat masih duduk di kelas 2 Tsanawiyah, sedangkan hafalan 5 Juz Al-Quran adalah target yang dianjurkan bagi seluruh santri MTs Al-Fatah Ciamis sebelum lulus.

“Seharusnya tasmi’ dilakukan tahun depan di kelas 3 nanti, tapi mereka bisa selesai di kelas 2 jadi tasmi‘ dilakukan sekarang,” katanya.

Baca Juga:  PP Muhammadiyah: Jangan Bosan Dukung Kemerdekaan Palestina

Assyifa berharap, dengan adanya tasmi’ tersebut, bisa lebih menguatkan hafalan santri serta dapat menjadi motivasi untuk santri lain dalam menghafal Al-Quran sehingga makin menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Quran.

“Semoga Allah hadirkan dalam hati anak-anak kita semua rasa cinta terhadap Al-Qur’an tanpa rasa bosan, dan Allah istiqomahkan kita semua untuk selalu berinteraksi dengan Al-Quran di mana saja dan kapan saja,” katanya.

Tasmi’ dilakukan agar hafalan santri bisa mutqin (kuat), agar dapat menumbuhkan semangat dalam menghafal dan mengulang hafalan, serta dapat memotivasi siswa yang masih dalam tahap tahsin agar lebih giat lagi dalam membaca Al-Quran.

Tahfidz Al-Qur’an Madrasah Tsanawiyah Al-Fatah merupakan salah satu ekstrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri. Saat ini, Ekstrakurikuler Tahfidz MTs Al-Fatah Ciamis membina sebanyak 54 santri baik putra maupun putri. (L/sry/R12/R1)

Baca Juga:  Misi Dagang UEA di Indonesia Gali Potensi Peningkatan Perdagangan Non-Minyak

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.