HARI INI 1,5 JUTA JAMAAH HAJI WUKUF DI PADANG ARAFAH

wukuf arafah dailytrust
di Arafah (dailytrust)

Makkah, 9 Dzulhijjah 1436/23 September 2015 (MINA) – Hari ini, Rabu 9 Dzulhijjah 1435 sekitar 1,5 juta melaksanaakn wukuf di padang Arafah, Makkah al-Mukarramah, sebagai puncak ibadah haji. Setelah malam sebelumnya menginap di Mina.

Seperti disebutkan Daily Trust, menurut Direktur Jenderal Departemen Urusan Paspor (Jawazat) Mayjen Solaiman Bin Abdulaziz Al-Yahya, total jamaah haji mencapai 1.374.206 peziarah dari luar Makkah.

Sejumlah 1.325.189 jamaah tiba melalui udara, 36.094 menggunakan transportasi darat dan 12.923 tiba melalui jalur laut. Lainnya adalah penduduk setempat.

Al-Yahya meminta jamaah untuk mematuhi peraturan Kerajaan selama mereka tinggal di negara itu.

Suhu di Makkah saat ini mencapai 42 derajat celcius, meskipun akhir pekan ini hujan dan cuaca ekstrem, dan diperkirakan suhu maksimum di 46 derajat celcius.

Arafah adalah daerah terbuka seluas 5,5 x 3,5 km2, sekitar 26 km di sebelah timur-tenggara luar kota suci Mekkah, Arab Saudi. Di padang yang luas ini, pada siang hari tanggal 9 Dzulhijjah seluruh jamaah haji melaksanakan inti ibadah haji, yakni wukuf di Arafah.

Di Bukit Jabal Rahmah, di Arafah terdapat sebuah tugu peringatan yang didirikan untuk mengenang tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa, nenek moyang manusia di muka bumi. (T/P4/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0